Menhub Tinjau Kesiapan Gerbang Tol Cikarang Utama

Menhub Tinjau Kesiapan Gerbang Tol Cikarang Utama
Jalan Tol. Ilustrasi. Foto dok JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Gerbang Tol Cikarang Utama di KM.29 pada Jumat (24/2).

Di sana, Budi mendengarkan pemaparan Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengenai kesiapan Jasa Marga menjelang arus mudik 2017.

"Saya sengaja ke gerbang Cikarang Utama untuk mengidentifikasi apa yang sudah direncanakan Jasa Marga berkaitan dengan persiapan lebaran," ujar Budi.

Mengingat Gerbang Tol Cikarang Utama merupakan gerbang tol dengan arus kendaraan yang terpadat pada saat libur lebaran atau liburan panjang.

Karena itu kata Budi, harus sejak jauh-jauh hari untuk mempersiapkannya.

Untuk mengantisipasi padatnya antrian di gerbang tol Cikarang Utama, pihak Jasa Marga sudah mempersiapkan sejumlah rencana, di antaranya penambahan gerbang tol dari 13 menjadi 20 gerbang tol.

"Ada beberapa inisiasi yang dilakukan yaitu meningkatkan gerbang yang tadinya hanya 13 gerbang menjadi 20 gerbang. Nah kalau gerbangnya 20 berarti paling tidak selama 1 jam itu 20 dikali 300 kendaraan bisa (melayani) 6000 mobil," paparnya.

Selain itu, untuk mengantisipasi padatnya tempat istirahat (rest area), Jasa Marga membangun empat Parking Bay.

"Rekomendasi teknis lainnya yaitu membuat tempat parkir atau parking bay sebanyak empat supaya orang kalau lelah bisa istirahat di sana. Parking bay itu tempat orang untuk ke musala, toilet, istirahat, tapi tidak untuk tujuan yang besar (belanja, makan)," tutur Budi.(chi/jpnn)
 


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Gerbang Tol Cikarang Utama di KM.29 pada Jumat (24/2).


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News