JPNN.com

Kini Seluruh Desa di NTB Sudah Berlistrik

Kamis, 03 Januari 2019 – 19:40 WIB Kini Seluruh Desa di NTB Sudah Berlistrik - JPNN.com

jpnn.com, MATARAM - PT PLN memberikan kado manis di awal tahun bagi Desa Sarae Ruma dan Desa Pusu yang berada di Kabupaten Bima. Dengan terlistrikinya dua desa tersebut, kini seluruh desa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah teraliri listrik.

“Alhamdulillah, saat ini 100 persen desa telah berhasil teraliri listrik,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Rudi Purnomoloka.

Untuk melistriki Desa Sarae Ruma, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang  3,86 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah sepanjang 1,64 kms, dan dua Gardu Distribusi berkapasitas  100 kilo Volt Ampere (kVA) dan 160 kVA dengan nilai investasi Rp 1,4 miliar.

Sementara untuk Desa Pusu, JTM yang dibangun sepanjang 4,73 kms, JTR sepanjang 1,69 kms dan dua gardu distribusi berkapasitas 50 kVA dan 100 kVA dengan nilai investasi Rp 1,8 miliar. 

"Sehingga total biaya yang dikeluarkan untuk melistirk dua desa ini sebesar Rp 3,2 miliar. Seluruh dana yang digunakan untuk pembangunan listrik desa ini berasal dari anggaran PLN," jelasnya.

Rudi menambahkan, keberhasilan PLN untuk melistriki desa-desa yang belum berlistrik  tersebut merupakan bentuk komitmen nyata perseroan untuk terus mewujudkan cita-cita Provinsi NTB menjadi terang benderang.

“Tantangan terbesar adalah akses ke lokasi, perjalanan yang ditempuh cukup jauh, api alhamdulillah sebelum 2019 sudah berhasil kami listriki,” tutur Rudi.

Desa Sarae Ruma memiliki total 171 kepala keluarga (kk) dan Desa Pusu sebanyak 170 kk. Pada tahap awal, sebanyak 24 kepala keluarga di Desa Sarae ruma dan 37 kk di Desa Pusu telah berhasil dialiri listrik dan menjadi pelanggan PLN. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...