Kirim TKI Distop, Lapangan Kerja Baru Digenjot

Kirim TKI Distop, Lapangan Kerja Baru Digenjot
Kirim TKI Distop, Lapangan Kerja Baru Digenjot
JAKARTA - Pemerintah akan memrioritaskan pembukaan lapangan kerja di beberapa kantong-kantong tenaga kerja Indonesia (TKI) di tanah air pascamoratorium pengiriman TKI ke Arab Saudi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Jumhur Hidayat, di Jakarta, Senin (27/6).

"Pembukaan lapangan kerja ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya peningkatan jumlah TKI yang nekat bekerja secara ilegal. Karena mereka pastinya terdesak dengan kebutuhan ekonomi, dan sempitnya lapangan pekerjaan yang ada di dalam negeri," ungkap Jumhur.

Oleh karena itu, lanjut Jumhur, rencana pengembangan atau perluasan lapangan kerja tersebut nantinya akan dilakukan oleh beberapa kementerian terkait. "Semua kementerian yang terkait sekarang sedang sibuk berpikir menyusun berbagai program untuk  membuka lapangan kerja di kantong-kantong TKI yang ada di daerah, agar mereka tidak tertarik lagi bekerja di luar negeri,"  imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, sejumlah program yang tengah digiatkan di antaranya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM Mandiri), Pembangunan Infrastruktur Pedesaan, Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta program-program yang dapat memacu produktivitas perempuan.

JAKARTA - Pemerintah akan memrioritaskan pembukaan lapangan kerja di beberapa kantong-kantong tenaga kerja Indonesia (TKI) di tanah air pascamoratorium

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News