Kisah Inspiratif Petani Milenial, Punya Lahan Seadanya hingga Jadi Puluhan Hektare

Kisah Inspiratif Petani Milenial, Punya Lahan Seadanya hingga Jadi Puluhan Hektare
Iqbal Abipraya (27) yang membagikan kisah inspiratif menjalani profesi sebagai petani milenial. Foto: PKT

jpnn.com, JAKARTA - Industri pertanian adalah salah satu vital karena menjadi penyangga ketahanan dan kedaulatan pangan. Di sisi lain agropreuner dipandang sebelah mata, terutama oleh kaum milenial.

Namun, hal itu tidak belaku bagi Iqbal Abipraya (27) yang membagikan kisah inspiratif menjalani profesi sebagai petani milenial.

Iqbal juga mengajak anak muda untuk memaknai hari pahlawan dengan berkontribusi di dunia pertanian.

Menurutnya, bertani tidak hanya berbicara lapangan kerja, tetapi juga memberi kehidupan bagi orang banyak. Sektor pangan dan kebutuhan pokok masyarakat dipenuhi oleh pertanian, yang juga menjadi penyumbang oksigen terbesar dengan tumbuhan hijau yang dikelola.

"Jika ditinjau dari pengalaman, menjadi petani malah pekerjaan yang paling diinginkan pada masa tua seseorang. Jadi kenapa tidak kita mulai saja dari muda?" ujar Iqbal.

Sarjana Agroteknologi dari Fakultas Pertanian Universitas Jember itu menjelaskan saat ini banyak sekali peluang generasi milenial menjadi agripreneur.

"Profesi sebagai petani milenial memiliki prospek yang cukup besar untuk tumbuh," ucap Iqbal.

Berbekal semangat mematahkan stigma bahwa profesi petani paling rendah dari jenis pekerjaan lainnya. Iqbal mendedikasikan seluruh ilmunya di bangku kuliah untuk mengolah lahan seadanya.

Iqbal Abipraya (27) yang membagikan kisah inspiratif menjalani profesi sebagai petani milenial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News