Kisah Pria Asal Indonesia Selamatkan Warga Inggris yang Jatuh ke Sungai Themes

Kisah Pria Asal Indonesia Selamatkan Warga Inggris yang Jatuh ke Sungai Themes
Kapal polisi terlihat di Sungai Thames sebelum pertandingan antara Oxford melawan Cambridge dalam University Boat Race diadakan di London, Inggris, Minggu (7/4/2019). Foto: ANTARA/REUTERS/Peter Cziborra/cfo

jpnn.com, LONDON - Media massa di Inggris ramai melaporkan berita tentang aksi heroik Habibi Syaaf, pria asal Indonesia, yang berprofesi sebagai polisi Metropolitan London, bersama rekan seprofesinya, Ron Dowson. Kedua polisi ini berhasil menyelamatkan nyawa seorang pria yang jatuh ke Sungai Thames.

Counsellor Media dan Sosial Budaya KBRI London, Thomas Siregar mengatakan di tengah-tengah berbagai pemberitaan menyudutkan Indonesia di Inggris, pemberitaan ini bagaikan oase di tengah gurun pasir nan panas.

“Thanks a lot Pak Habibi Syaaf yang berprofesi sebagai polisi bersama rekan kerjanya, Ron Dowson yang dengan heroiknya melakukan tindakan penyelamatan terhadap seorang warga negara Inggris yang hampir tenggelam di Sungai Thames," katanya, Minggu (12/1).

Sehari sebelumnya media massa di Inggris menurunkan berita tentang Reynhard Sinaga, (36) yang dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Manchester. Pengadilan menjatuhkan hukuman seumur hidup setelah dinyatakan bersalah melakukan perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 korban pria dalam 159 kasus yang membuat malu orang Indonesia yang ada di Inggris.

Thomas Siregar menyebutkan, sungguh mulia tindakan mereka yang mengabaikan keselamatan mereka sendiri demi menyelamatkan nyawa orang lain. Bahkan Menteri Dalam Negeri Inggris, Priti Patel dan Parlemen Inggris mengungkapkan terima kasih dan apresiasi atas tindakan heroik Habibi dan Ron Dowson dalam peristiwa tersebut.

Menurut Thomas Siregar, ayahanda Habibi Syaaf yang dikenalnya adalah sesepuh pengajian Masyarakat Indonesia di London. “Kebetulan saya mengenal baik ayahanda Pak Habibi Syaaf,” ujar Thomas Siregar yang menjadi pengurus pengajian masyarakat Indonesia di London.

Habibi Syaaf adalah suami aktris Anggia Yulia Angely atau yang dikenal dengan Angie Virgin berhasil menyelamatkan seseorang yang nyaris tenggelam di Sungai Thames pada Selasa (7/1).

Sky News, dalam laporannya menyebutkan aksi heroik penyelamatan yang dilakukan Habibi Syaaf yang berusia 38 tahun itu mendapati seorang pria hampir tenggelam di sungai Thames yang beku bersusah payah naik ke permukaan air untuk mengambil napas.

Aksi heroik pria bernama Habibi Syaaf yang berprofesi sebagai polisi Metropolitan London ramai diberitakan media Inggris.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News