Kisah Sukses Endang Listiani jadi Pengusaha Minyak Atsiri, Ada Dukungan Bea Cukai

Kisah Sukses Endang Listiani jadi Pengusaha Minyak Atsiri, Ada Dukungan Bea Cukai
Bea Cukai terus memberikan dukungan kepada pelaku usaha lokal melalui kegiatan asistensi yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, SURAKARTA - Bea Cukai melalui asistensi ekspor yang terus menerus dilakukannya mengantarkan dua pelaku usaha lokal mendunia.

Asistensi ekspor dilakukan Bea Cukai Surakarta kepada PT Syailendra Bumi Investama yang memproduksi minyak atsiri.

Endang Listiani sebagai pendiri perusahaan tersebut menceritakan awalnya mengembangkan usahanya pada 2014 hingga mulai berkembang pesat lima tahun kemudian.

“Dalam memulai usaha, kami memperbanyak relasi dengan petani dan penyuling," kenang Elis yang akrab disapa kepada petugas Bea Cukai Surakarta yang sedang melakukan asistensi.

Melalui petani dan penyuling minyak atsiri, lanjut Elis, perusahaannya mencoba untuk membantu menampung dan memasarkan produk mereka.

"Saat itu saya melihat ada permainan harga. Harga minyak atsiri di pasar lokal justru lebih rendah dari biaya produksi, maka saya berinisiatif untuk dapat memasarkan produk minyak atsiri ke luar negeri,” ungkapnya.

Perjuangan yang ditunjukkan Elis tentunya menjadi motivasi yang luar biasa bagi setiap orang yang ingin menjadi pengusaha.

Terlebih, perjuangannya dimulai dengan modal yang minus atau justru berhutang.

Kisah sukses Endang Listiani yang menjadi pengusaha minyak atsiri, salah satunya adanya dukungan Bea Cukai Surakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News