Kisah Sukses Jebolan UT Penerima Beasiswa Penuh di Eropa, Usia Bukan Halangan

Kisah Sukses Jebolan UT Penerima Beasiswa Penuh di Eropa, Usia Bukan Halangan
Jebolan mahasiswa Universitas Terbuka (UT), Yulianti Suryawardhani Yudo, yang kini menempuh S2 di Universitas Portugal. Foto tangkapan zoom

jpnn.com, JAKARTA - Mahasiswi jebolan Universitas Terbuka (UT), Yulianti Suryawardhani Yudo menceritakan kisah suksesnya mendapat beasiswa penuh kuliah di Eropa.

Menurut mahasiswi S2 di Universitas Portugal itu kesempatan akan datang bagi mereka yang mau berusaha, asal tidak mudah menyerah.

"Saya rajin membaca informasi kesempatan beasiswa ke luar negeri setelah lulus dari UT," ungkap Yanti, sapaan akrabnya dalam kegiatan Halalbihalal UT dengan bank mitra dan mahasiswa penerima beasiswa secara daring, Senin (31/5).

Dia mengatakan bahwa apa yang diraihnya saat ini bukannya tanpa suka duka. Di awal mencari beasiswa, banyak lembaga beasiswa yang mensyaratkan batas usia maksimum tidak boleh melewati 30 tahun. Sementara usianya saat itu sudah lebih dari 32 tahun. Namun, dirinya tidak menyerah. 

"Saya baca lagi, kok ada beasiswa dari Erasmus Mundus dari Eropa yang tidak mencantumkan batas usia maksimal. Maka di sinilah saya sekarang," ujar mahasiswi lulusan Sastra Inggris 2014-2017 UT tersebut. 

Oleh karena itu, penerjemah di SDI Media itu memotivasi para mahasiswa untuk tidak pernah menyerah meraih pendidikan terbaik.

Yanti juga menekankan agar mahasiswa tidak mengabaikan kesempatan yang datang.

"Kesempatan bisa muncul kapan saja di mana saja. Makanya kita harus memaksimalkan kesempatan yang terbuka. Harus ada rasa ingin tahu dan semangat mengejarnya," tegasnya.

Yulianti Suryawardhani Yudo menceritakan bagaimana kiatnya mendapatkan beasiswa penuh di Portugal, meski usianya tidak muda lagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News