86 Anak Awak KRI Nanggala 402 Mendapat Beasiswa Unggulan hingga Sarjana

86 Anak Awak KRI Nanggala 402 Mendapat Beasiswa Unggulan hingga Sarjana
Penandatanganan perjanjian kerja sama beasiswa unggulan penghargaan bagi putra putri awak KRI Nanggala 402 secara virtual. Foto tangkapan zoom

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 86 anak awak KRI Nanggala 402 mendapatkan beasiswa unggulan sebagai bentuk penghargaan dari pemerintah.

Pemberian beasiswa unggulan itu tertuang dalam perjanjian kerja sama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan TNI AL.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan pemberian beasiswa unggulan itu sebagai bentuk penghargaan kepada 53 prajurit KRI Nanggala 402 yang dinyatakan tewas tenggelam di perairan Bali pada 25 April 2021.

"86 putra putri awak KRI Nanggala 402 akan ditanggung pendidikannya mulai jenjang dasar hingga sarjana," kata Nadiem saat menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama beasiswa unggulan penghargaan bagi putra putri awak KRI Nanggala 402 secara virtual, Selasa (25/5).

Nadiem mengatakan beasiswa itu memang tidak akan bisa menggantikan para prajurit KRI Nanggala 402, tetapi sebagai bentuk penghargaan negara kepada patriot bangsa.

Pemberian beasiswa itu juga sebagai amanah Presiden Joko Widodo yang meminta agar seluruh biaya pendidikan anak-anak awak KRI Nanggala 402 ditanggung negara hingga pendidikan tinggi.

"Beasiswa yang diberikan untuk putra putri awak KRI Nanggala 402, anggarannya sebanyak Rp 33,25 miliar. Diberikan bertahap sampai 2044 mulai jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi di Indonesia," terangnya.

Pada kesempatan sama, KASAL Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan beasiswa unggulan untuk putra-putri 53 awak KRI Nanggala 402 merupakan amanat Presiden Jokowi.

Kemendikbudristek dan TNI AL melakukan penandatanganan kerja sama pemberian beasiswa unggulan untuk 84 anak awak KRI Nanggala 402

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News