Selasa, 11 Desember 2018 – 01:19 WIB

Kisah Sukses Pengusaha Alumnus Pemagangan Jepang

Sabtu, 13 Oktober 2018 – 19:42 WIB
Kisah Sukses Pengusaha Alumnus Pemagangan Jepang - JPNN.COM

jpnn.com, BANDUNG - Program pemagangan ke Jepang yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berbuah manis. Banyak alumnus pemagangan di Jepang setelah kembali ke Indonesia menjadi pengusaha sukses.

Salah satunya Alif Romdloni, 42 tahun, alumnus pemagangan Jepang tahun 1999-2002 asal Magelang. Alif berhasil menjadi pengusaha koperasi syariah bermodalkan uang yang diperoleh dari hasil magang di Jepang.

“Pulang ke Indonesia saya memiliki uang Rp220 juta. Dari jumlah tersebut Rp100 juta saya gunakan untuk modal awal pendirian koperasi syariah,” kata Alif dalam acara Musyawarah Besar Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (IKAPEKSI) di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/10/2018).

Seiring berjalannya waktu, usaha koperasi syariah Alif maju pesat. Dari awalnya hanya memiliki 4 pegawai, kini sudah ada 20 pegawai dengan tiga kantor cabang.

“Saat ini ada 5000 anggota koperasi dengan anggota aktif sebanyak 700 orang. Kebanyakan anggota kami adalah para pelaku usaha menengah kecil mandiri,” ujar Alif.

Alif menambahkan keuntungan koperasinya kini sudah bernilai puluhan juta. Kesuksesan yang kini dimiliki Alif diakuinya karena menerapkan etos kerja yang dipelajari selama magang di Jepang.

“Dengan magang ke Jepang kita jadi mengerti Jepang itu bisa maju karena orang dan budayanya memang maju. Mereka disiplin, tanggung jawab, dan pekerja keras sehingga kalau sikap tersebut dimiliki setiap orang di mana pun, maka dia kalau mengerjakan apa pun peluang suksesnya sangat besar,” ungkap Alif.

Kini setelah sukses jadi pengusaha, Alif bertekad membantu para alumnus magang Jepang lainnya agar bisa jadi pengusaha seperti dirinya.

SHARES
TAGS   Kemnaker
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar