Kisah tentang Guru Zuhdi, Sosok Wali Bersahaja yang Sangat Dihormati Jemaah

Kisah tentang Guru Zuhdi, Sosok Wali Bersahaja yang Sangat Dihormati Jemaah
Mendiang KH Zuhdiannor atau Guru Zuhdi. Foto: Istimewa

jpnn.com, BANJARMASIN - Umah Islam di Kalimantan Selatan sangat kehilangan sosok KH Zuhdiannor atau akrab disapa Guru Zuhdi yang meninggal dunia pada Sabtu, 2 Mei 2020.

KH Ahmad Zuhdiannor atau Guru Zuhdi adalah ulama yang sangat disegani dan dihormati di Kalimantan Selatan.

Guru Zuhdi lahir di Banjarmasin pada 10 Februari 1972. Banyak kisah kewalian dan karomah dari Guru Zuhdi.

Beragam kisah kewalian Guru Zuhdi di antaranya dituturkan beberapa murid Guru Zuhdi saat datangnya Habib Abdullah Ba'alawy dari Yaman beberapa tahun lalu.

Saat itu, Habib Abdullah Ba'alay disebut-sebut diutus langsung para wali dari Yaman untuk bersilaturahmi kepada Wali asal Kalimantan yakni Guru Zuhdi.

Habib Abdullah Ba'alawy juga sempat menangis terharu ketika mengikuti pengajian malam Minggu di Masjid Jami Banjarmasin.

"Waktu itu Habib Abdullah bercerita dirinya diutus langsung ke Banjarmasin oleh para Wali dari Yaman. Para wali Yaman ini diutus langsung Kanjeng Nabi Muhammad SAW," ujar salah satu santri Guru Zuhdi pada ngopibareng.id. Wallahu a'lam.

Para habib serta para wali dari beragam negara konon juga pernah sowan ke Guru Zuhdi di Banjarmasin. Mereka biasanya Sowan ke Guru Zuhdi dan selanjutnya berziarah ke makam Abah Guru Sekumpul.

Para wali dari Yaman juga sangat menghormati sosok Guru Zuhdi yang sudah terkenal dengan kewaliannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News