Kisah Wanita Hamil Dilarang Keluar Rumah Saat Matahari Dimakan Setan

Kisah Wanita Hamil Dilarang Keluar Rumah Saat Matahari Dimakan Setan
ILUSTRASI. FOTO: AFP

jpnn.com - Beragam mitos tentang terjadinya gerhana matahari total. Di Tiongkok (China Kuno) percaya bahwa gerhana matahari terjadi karena matahari dimakan naga. Sedangkan di Mesir Kuno berpandangan lain. Gerhana matahari terjadi karena dihentikan ular laut.

Sedangkan masyarakat India Kuno meyakini bahwa gerhana matahari terjadi karena dimakan setan. Mitos gerhana matahari di India juga ramai dibicarakan saat negeri itu mengalami gerhana matahari total, Rabu 28 Juli 2009. Saat itu, para ahli nujum India memprediksikan, kekerasan dan kekacauan akan melanda seluruh dunia karena kepercayaan tahayul mereka sebagai akibat dari gerhana matahari total.

Dalam mitos Hindu, dua setan yakni Rahu dan Ketu yang diyakini menelan matahari sehingga terjadinya gerhana. Wanita-wanita hamil disarankan tetap berada dalam rumah selama gerhana berlangsung untuk menghindari bayi mereka terlahir tak cacat.

Doa-doa, puasa dan mandi ritual dianjurkan untuk dilakukan di sungai-sungai suci. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek negatif dari gerhana tersebut.(radar manado/fri/jpnn)

Beragam mitos tentang terjadinya gerhana matahari total. Di Tiongkok (China Kuno) percaya bahwa gerhana matahari terjadi karena matahari dimakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News