Kisruh Freeport: Jeritan Si Burung Tambang

Kisruh Freeport: Jeritan Si Burung Tambang
Aksi solidaritas polemik Freeport. Foto: Radar Timika

jpnn.com - jpnn.com -Polemik operasi pertambangan PT Freeport Indonesia (PTFI) mengundang keprihatinan warga Mimika, Papua. Puluhan warga yang merasa tergerak hatinya terhadap berbagai dampak, sejak penghentian ekspor konsentrat Freeport Januari lalu, berinisiatif menggelar aksi solidaritas dan doa bersama di lapangan Timika Indah, Kota Timika, Sabtu (25/2) mulai pukul 19.00 WIT.

Solidaritas dan doa bersama yang melibatkan seluruh perwakilan agama ini merupakan aksi spontanitas warga. Aksi ini berawal dari sekelompok pemuda penggiat media sosial Facebook. "Kami panitia awalnya tidak saling kenal. Kami saling membagi info ini lewat Facebook, kemudian bertemu dan membuat aksi ini," kata Koordinator Aksi, Rocky Kawer, seperti dikutip dari Radar Timika, Senin (27/2).

Rocky menyebutkan, mereka merasa terpanggil untuk berdoa agar kisruh Freeport dan pemerintah segera berakhir. Mereka prihatin terhadap nasib karyawan Freeport yang telah dirumahkan dan di-PHK, sebagai akibat dari polemik ini.

"Kami melihat situasi di Timika mulai kurang baik akibat kisruh Freeport. Karena keluarga, orang tua, dan teman-teman kami mulai terdampak pengurangan pekerja," ujar Rocky.

Warga juga mendoakan ribuan pekerja yang telah dirumahkan dan di-PHK, agar diberikan kekuatan dan kesabaran. Begitu juga kepada warga Mimika dan Papua, yang secara umum yang merasakan dampak efisiensi perusahaan.

"Apa pun keputusan dan kesepakatan antara pemerintah dan Freeport nanti, kami berencana untuk kembali menggelar aksi berikutnya lagi," tambah Rocky.

Dalam aksi tersebut juga diisi pembacaan puisi berjudul Jeritan Si Burung Tambang, oleh salah satu pemudi Mimika, Borelino Tapadongko. Pembacaan puisi karya Rizal Napitupulu ini semakin membuat warga terharu. (mix/jpnn)

Jeritan Si Burung Tambang

Polemik operasi pertambangan PT Freeport Indonesia (PTFI) mengundang keprihatinan warga Mimika, Papua. Puluhan warga yang merasa tergerak hatinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News