KKB Berulah Lagi, 1 Prajurit TNI Tertembak, Bandara Aminggaru Ditutup Sementara

KKB Berulah Lagi, 1 Prajurit TNI Tertembak, Bandara Aminggaru Ditutup Sementara
Praka Fermansyah saat menjalani penanganan medis setelah tertembak saat KKB menyerang Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Sabtu (19/2) pagi WIT. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, berulah lagi, Sabtu (19/2). 

KKB menembaki anggota Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI Angkatan Udara di Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak. 

Seorang prajurit Kopasgat TNI AU Praka Hermansyah terluka akibat terkena tembakan KKB. 

Saat ini, operasional Bandara Aminggaru ditutup sementara. 

"Memang benar akibat gangguan dan kontak tembak dengan KKB menyebabkan untuk sementara operasional di bandara ditutup," kata Kepala Unit Pengelolaan Bandar Udara (UPBU) Bandara Aminggaru Ilaga, Herman Sujito kepada Antara, Sabtu (19/2). 

Berdasar laporan yang diterima, saat kontak tembak terjadi di sekitar bandara ada tiga pesawat yang akan mendarat. Namun, akibat gangguan keamanan, itu ketiga pesawat kembali ke bandara asal. 

Hermanto Sujito menjelaskan ketiga pesawat yang gagal mendarat di Bandara Aminggaru, yakni pesawat Susi Air dari Nabire, yang mengangkut penumpang dan dua pesawat cargo dari Timika, yakni Reven Air dan Smart Air. 

Sebelumnya, Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro mengakui adanya kontak tembak di Bandara Aminggaru Ilaga, Sabtu sekitar pukul 07.30 WIT,  hingga menyebabkan seorang prajurit Kopasgat/Paskhas TNI-AU, yakni Praka Hermansyah terluka.

KKB di Kabupaten Puncak, Papua, berulah lagi. Seorang prajurit TNI terluka akibat terkena tembakan KKB di Bandara Aminggaru, Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Operasional Bandara Aminggaru ditutup sementara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News