KKP: Bioteknologi Kunci Mencapai Pertumbuhan Ekonomi Biru yang Berkelanjutan

KKP: Bioteknologi Kunci Mencapai Pertumbuhan Ekonomi Biru yang Berkelanjutan
Ahli Madya Analis Pengelolaan Jasa Kelautan, Direktorat Jasa Kelautan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).Freude TP Hutahaean menekankan bahwa bioteknologi kelautan dan pembangunan ekonomi biru saling berhubungan dan memiliki potensi besar untuk mendukung pembangunan ekonomi biru. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mengkombinasikan biologi dan teknologi untuk mengembangkan dan menciptakan produk atau proses yang berguna bagi manusia dan lingkungan hidup.

Kini, perkembangannya sudah mencakup penggunaan mikroorganisme tumbuhan atau hewan, serta teknik rekayasa genetika untuk membuat produk-produk seperti obat-obatan, vaksin, enzim, makanan, biofuel, dan lainnya.

Hal itu disampaikan Freude TP Hutahaean, Ahli Madya Analis Pengelolaan Jasa Kelautan, Direktorat Jasa Kelautan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Menurut Roy, sapaan akrabnya, bioteknologi juga dapat digunakan untuk meningkatkan perikanan, kesehatan manusia, perlindungan lingkungan, dan keindustrian.

“Bioteknologi kelautan mencakup berbagai bidang seperti bioprospekting (penelitian potensi biologis dari organisme laut), bioremediasi (penggunaan organisme laut untuk membersihkan polusi), biotransformasi (penggunaan organisme laut dalam mengubah senyawa), produksi makanan dari sumber daya laut, pengembangan bioteknologi untuk budidaya organisme laut, serta penggunaan bioteknologi dalam konservasi ekosistem dan spesies laut yang terancam punah,” ujar Roy.

Menurut Roy, ekonomi biru merujuk pada pendekatan pembangunan ekonomi yang berfokus pada pemanfaatan berkelanjutan dan berwawasan laut. 

Ekonomi biru melibatkan sektor-sektor ekonomi yang terkait dengan laut, seperti perikanan dan aquakultur, pariwisata, transportasi laut, energi terbarukan, serta industri dan teknologi kelautan.

“Prinsip utama dari ekonomi biru adalah menjaga keberlanjutan sumber daya kelautan dan ekosistem laut, sambil mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Pendekatan ini mempertimbangkan hubungan yang erat antara ekonomi, lingkungan, dan masyarakat dalam konteks pemanfaatan sumber daya laut,” jelas Roy.

Pemerintah memanfaatkan bioteknologi untuk meningkatkan perikanan, kesehatan manusia, perlindungan lingkungan, dan keindustrian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News