Klasemen Asian Games 2018: Medali Emas di HUT ke-14

Klasemen Asian Games 2018: Medali Emas di HUT ke-14
Zhang Minjie dan Zhang Jiaqi saat beraksi di Aquatic Center GBK. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Sulit untuk membendung Tiongkok di klasemen Asian Games 2018.

Saat pesta olahraga paling akbar di Asia ini menyisakan lima hari penyelenggaraan, dan ketika nomor final (medali emas) tinggal 150 lagi, Tiongkok memimpin dengan 97 emas 64 perak dan 45 perunggu.

Negeri Panda memang punya segudang atlet penuh talenta. Level mereka sudah dunia, bahkan hingga atlet yang masih berusia muda.

Contohnya adalah Zhang Minjie dan Zhang Jiaqi. Dua cewek Tiongkok yang sama-sama berusia 14 tahun ini meraih medali emas dari cabang loncat indah nomor sinkronisasi 10 platform putri.

Mereka mengumpulkan total nilai 361,38, mengalahkan yang dikumpulkan duo atlet Korea Utara (perak) dan Malaysia (perunggu).

Medali emas yang istimewa buat Zhang Jiaqi dan Zhang Minjie. Emas itu adalah lanjutan prestasi terbaik mereka, setelah menjadi juara dunia loncat indah di Wuhan, Juni kemarin.

Buat Zhang Minjie, keping emas itu juga sekaligus sebagai kado ulang tahun ke-14, yang jatuh Selasa (28/8) kemarin.

Zhang Minjie menjadi atlet ketiga yang berkalung emas pada hari ulang tahunnya di Asian Games 2018 ini setelah pemain squash Malaysia Nicol Ann David (35 tahun pada 26 Agustus) dan perenang Tiongkok Xu Jiayu (23 tahun pada 19 Agustus).

Hingga hari ke-10 kemarin, Indonesia masih berada di posisi keempat klasemen Asian Games 2018 dengan 24 emas, 19 perak dan 29 perunggu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News