KLHK Perkuat SDM dan Sarana Prasarana Pencegahan Karhutla

KLHK Perkuat SDM dan Sarana Prasarana Pencegahan Karhutla
Manggala Agni bersama Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Ruandha A. Sugardiman dan Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Raffles B. Pandjaitan. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - KLHK terus memperkuat kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga sarana prasarana pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Hal ini penting untuk menghadapi tantangan karhutla di tahun-tahun mendatang, dan mempertahankan tren positif kejadian karhutla selama tiga tahun terakhir.

"Keberhasilan Indonesia mengendalikan kebakaran hutan dan lahan selama tiga tahun terakhir merupakan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa. Ini juga berkat kerja keras, gotong royong, dan kerjasama antara Manggala Agni, Manggala Agni dengan masyarakat, dan Manggala Agni dengan instansi terkait," ujar Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Ruandha A. Sugardiman.

Ruandha juga menyampaikan bahwa untuk lebih mendukung setiap upaya yang dilakukan Manggala Agni di lapangan, meningkatkan jangkauan seluas-luasnya dan secepat-cepatnya perlu didukung dengan sarana prasarana yang memadai. 

Dalam melakukan upaya pengendalian karhutla di tingkat tapak, Manggala Agni menjadi SDM penggerak.

Mereka harus memiliki kemampuan baik teknis maupun non teknis dalam pelaksanaan pengendalian karhutla. 

“Oleh karena itu, KLHK melalui Direktorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan memberikan pelatihan-pelatihan, agar Manggala Agni mampu menjalankan tugasnya dengan lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) Raffles B. Pandjaitan.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka penyelenggaraan Training of Facilitator (ToF), di Jakarta, (27/11).

irektorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan memberikan pelatihan-pelatihan agar Manggala Agni mampu menjalankan tugasnya dengan lebih baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News