KLHK: Seluruh Pendaki TN Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi

KLHK: Seluruh Pendaki TN Gunung Rinjani Berhasil Dievakuasi
Pihak KLHK terus memberikan update dari upaya tim evakuasi pendaki Gunung Rinjani. Foto: KLHK

jpnn.com, LOMBOK - Jumlah pengunjung yang berhasil diselamatkan oleh Tim Evakuasi di Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) kini bertambah. Berdasarkan data terbaru yang diumumkan Balai TNGR KLHK, Rabu (1/8), total jumlah pendaki yang telah dievakuasi hingga Selasa (31/7), sebanyak 1.226 pendaki.

"Penghitungan kami lakukan kembali, mengingat situasi di lapangan yang cukup sibuk saat evakuasi, sehingga menyebabkan informasi jumlah pengunjung yang berhasil dievakuasi masih terus berkembang hingga hari ini," kata Kepala Balai TNGR, Sudiyono, di Lombok.

Sudiyono menerangkan dari 1.226 orang pengunjung tersebut, sebanyak 696 orang di antaranya adalah warga negara asing (WNA), dan 530 orang sisanya warga negara Indonesia (WNI).

"Pada tanggal 29 Juli, berhasil dievakuasi 567 orang WNA dan 162 orang WNI, sedangkan esoknya 30 Juli, sebanyak 189 orang WNA dan 354 orang WNI. Kemarin, tim berhasil mengevakuasi 14 orang WNI," lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam (KSDAE), Wiratno, menyampaikan apresiasinya atas dukungan semua pihak, dalam upaya evakuasi selama beberapa hari ini.

"Terima kasih atas kerja keras tim evakuasi Balai TNGR, dan keterlibatan semua pihak seperti BNPB, TNI/Polri, dan lain-lain dalam membantu proses evakuasi pendaki di TNGR, inilah wujud kerja sama dan kerja keras multipihak yang baik," ujar Wiratno.

Upaya evakuasi tersebut merupakan respons tindak lanjut KLHK atas peristiwa gempa 6,4 Skala Richter yang menimpa Lombok, NTB, Minggu (29/7) lalu.

Terkait hal ini, Menteri LHK Siti Nurbaya, terus memantau perkembangan berlangsungnya upaya evakuasi setiap dua jam, serta menugaskan jajarannya untuk terus berkoordinasi aktif dengan pihak-pihak terkait di lokasi. (adv/jpnn)

Upaya evakuasi tersebut merupakan respons tindak lanjut KLHK atas peristiwa gempa 6,4 SR yang menimpa Lombok, NTB, Minggu (29/7) lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News