JPNN.com

KLHK Targetkan Indonesia Bersih Sampah Pada 2025

Jumat, 15 Februari 2019 – 14:35 WIB
KLHK Targetkan Indonesia Bersih Sampah Pada 2025 - JPNN.com

jpnn.com, CIREBON - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) fokus untuk melestarikan alam dan mengelola sampah. Hal ini dibuktikan dengan aksi bersih sampah di Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (15/2).

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan sampah yang didapatkan dari kegiatan ini akan dikelola semaksimal mungkin hingga bermanfaat kembali.

“Target pengelolaan sampah yang ingin dicapai adalah 100 persen. Sampah terkelola dengan baik dan benar sehingga pada 2025 tercapat target Indonesia Bersih Sampah,” kata Menteri Siti di Cirebon, Jawa Barat, Jumat (15/2).

Menurut dia, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 83 Tahun 2018 tentang Penanganan Sampah Laut yang berisikan strategi, program, kegiatan yang sinergis, terukur, dan terarah untuk mengurangi jumlah sampah di laut.

BACA JUGA: Ini Bukti dan Langkah Berani Era Jokowi Dalam Pemulihan Lingkungan

“Terutama sampah plastik, itu sudah dituangkan dalam bentuk Rencana Aksi Nasional Penanganan Sampah Laut 2018 hingga 2025,” sambung Menteri Siti.

Rencana aksi nasional itu merupakan bagian dari perencanaan yang memberikan arahan strategis bagi kementerian dan acuan bagi masyarakat serta pelaku usaha dalam rangka percepatan penanganan sampah laut.

“Beberapa pemerintah daerah telah melakukan inisiatif lokal dalam kurangi sampah plastik, seperti Kabupaten Bandung, Banjarmasin, Balikpapan, Kota Bogor, dan lainnya,” imbuh menteri lulusan Insititut Pertanian Bogor ini.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...