Kamis, 19 Juli 2018 – 01:28 WIB

KLHK Terbitkan Buku The State of Indonesia's Forest 2018

Kamis, 12 Juli 2018 – 13:25 WIB
KLHK Terbitkan Buku The State of Indonesia's Forest 2018 - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan soft launching buku The State of Indonesia’s Forests 2018.

Di dalam buku ini berisi kumpulan dari perkembangan atau proses kerja yang telah dilakukan oleh KLHK selama 3,5 tahun terakhir dalam penerbitan kebijakan-kebijakan yang mengatur pengelolaan hutan di Indonesia.

Buku ini dikembangkan oleh KLHK, untuk memberikan informasi kepada komunitas global mengenai keadaan hutan Indonesia dan mengenai upaya Pemerintah Indonesia untuk mendemokratisasi alokasi sumber daya hutan, untuk mencegah dan mengelola deforestasi dan degradasi sumber daya hutan, dan untuk memastikan keadilan lingkungan dan kesetaraan kesempatan bagi semua anggota komunitas di Indonesia, termasuk komunitas Adat.

Indonesia, selama sepuluh tahun terakhir belum pernah secara resmi mengeluarkan informasi tentang kondisi hutannya kepada dunia internasional. Baru pada era ini, secara terbuka Indonesia menuliskan data terkini terkait kondisi kehutanan bangsa ini.

“Saya melihat bahwa ada keperluan yang cukup mendesak bagi Indonesia menjelaskan kepada dunia internasional, bagaimana posisi hutan Indonesia terutama berkaitan dengan kebijakan-kebijakan yang membawa banyak perubahan yang diambil oleh Presiden Jokowi," ujar Menteri LHK, Siti Nurbaya

Menteri Siti juga berujar bahwa selama ini penulisan dan dokumentasi tentang banyak hal yang telah dikerjakan oleh Pemerintah dalam mengelola sektor kehutanan Indonesia sangat kurang, hal ini menyebabkan dunia internasional mudah untuk memojokkan kita dengan argumentasi negatif tentang pengelolaan hutan di Indonesia.

"Kita sering dihajar oleh dunia internasional karena kita luput dalam mendata dan mendokumentasikan banyak pekerjaan-pekerjaan yang telah kita lakukan untuk mengelola hutan kita. Seharusnya kita menerapkan prinsip write what you do, do what you write," papar Siti.

Komitmen kuat Pemerintah Indonesia dalam mencapai demokratisasi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya hutan dalam beberapa tahun terakhir telah membuahkan hasil positif, seperti penurunan jumlah kebakaran hutan dan lahan, tata kelola gambut yang menjadi tolok ukur bagi dunia internasional serta deforestasi di Indonesia yang terus dapat ditekan.

SHARES
TAGS   Menteri Siti KLHK
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar