KM Lestari Tenggelam, KNKT Harus Segera Analisis

KM Lestari Tenggelam, KNKT Harus Segera Analisis
KM Lestari Maju tenggelam di perairan Kepulauan Selayar, Selasa (3/7). Sejumlah kendaraan ikut mengapung di laut. (Foto: Ist/Jpnn)

jpnn.com, SELAYAR - Kapal motor Lestari Maju tenggelam di sekitar Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7) siang karena diduga mengalami kebocoran.

Anggota Komisi V DPR Bambang Haryo mengatakan transportasi laut mempunyai satu standarisasi yang mengadopsi Internasional Maritime Organization (IMO).

Dia mengatakan, kalau sampai terjadi kebocoran, maka pemerintah harus segera melakukan analisis. Apakah saat melakukan standarisasi sudah dilakukan secara maksimal.

"Kalau sampai terjadi kebocoran yang bertanggung jawab si pemeriksa maupun pemerintah yang melakukan penyetandarisasian tidak dilakukan dengan baik," kata Bambang di gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/7).

Namun, kata dia, di Selat Selayar menuju Pelabuhan Bira Pamatata banyak kapal karam dan kemungkinan besar kapal kandas atau tergores karang yang menyebabkan kebocoran.

Hanya saja, dia mengatakan, untuk memastikan penyebab kecelakaan maka Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) perlu segera melakukan analisis.

"Seharusnya pemerintah sudah mengirimkan KNKT untuk melakukan analisis," ujarnya.

Karena itu, dia meminta Badan Search And Rescue Nasional (Basarnas) harus segera bergerak untuk melakukan evakuasi terhadap penumpang. Dia akan melakukan pengecekan apakah tim Basarnas sudah melakukan penyelamatan.

Kalau sampai terjadi kebocoran, maka pemerintah harus segera melakukan analisis. Apakah saat melakukan standarisasi sudah dilakukan secara maksimal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News