KMP Lakaan Siap Layani Penyeberangan Lintas Kupang-Ndao

KMP Lakaan Siap Layani Penyeberangan Lintas Kupang-Ndao
Kapal. Ilustrasi/Foto dok Kemenhub

jpnn.com, KUPANG - Kementerian Perhubungan meresmikan pengoperasian KMP Lakaan, kapal penyeberangan penumpang Roro 750 GT lintas Kupang - Pulau Rote - Ndao, Rabu (10/5) lalu.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto dalam sambutannya mengatakan, pengoperasian KMP Lakaan ini merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan jasa transportasi penyeberangan kepada masyarakat Indonesia Timur, khususnya NTT.

"Saya harap pengguna jasa transportasi penyeberangan di wilayah NTT bisa memperoleh pelayanan yang lebih baik dan nyaman, serta bisa memberi manfaat yang sebanyak-banyaknya bagi masyarakat," tutur Pudji.

Menurutnya pengembangan transportasi penyeberangan diarahkan sebagai pembuka isolasi dan mendorong kegiatan ekonomi, serta secara bertahap perannya akan saling mendukung dengan transportasi jalan.

Pudji menjelaskan, KMP Lakaan 750 GT ini dibangun dengan dana APBN melalui skema kontrak tahun jamak 2015 hingga 2016.

Kapal ini dibangun di galangan kapal PT Industri Kapal Indonesia (PT IKI), Makassar dengan total investasi Rp 34,9 miliar.

"KMP Lakaan akan dioperasikan oleh PT ASDP Indonesia Ferry yang melayani lintas Kupang (Bolok) - Pantai Baru (Rote) dan Pantai Baru (Rote) - Ndao," jelas Pudji.

Namun untuk lintas Rote - Ndao karena merupakan lintas perintis, maka akan ada subsidi anggaran dari pemerintah.

Kementerian Perhubungan meresmikan pengoperasian KMP Lakaan, kapal penyeberangan penumpang Roro 750 GT lintas Kupang - Pulau Rote - Ndao, Rabu (10/5)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News