Koalisi Berbasis Program Lebih Kuat Ketimbang Berdasarkan Kandidat Presiden

Koalisi Berbasis Program Lebih Kuat Ketimbang Berdasarkan Kandidat Presiden
Para pimpinan parpol yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Foto: Dok. KIB

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mempunyai ikatan yang lebih kuat.

Pasalnya, koalisi tersebut direkatkan dengan landasan programatik dibanding koalisi yang direkatkan dengan basis kandidat yang dinilai lebih rapuh.

“Jadi, wajar koalisi gampang rapuh jika bukan berbasiskan platform ideologi atau programatik," tegas Pangi di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) terdiri atas Golkar, PAN, dan PPP mempunyai visi-misi koalisi yang terbingkai dalam Program Akselerasi Transformasi Ekonomi Nasional (PATEN).

Program tersebut menjadi perekat antara partai anggota koalisi. KIB lebih memilih pendekatan program dibanding pendekatan sosok nama capres.

Meski demikian, Pangi menilai KIB juga bertumpu pada pendekatan yang lebih transaksional dan pragmatis serta bisa menampung semua partai.

“Lem perekat koalisinya pendekatan transaksional dan pragmatis, lebih ke match all party,” ujar Pangi.

Direktur Eksekutif IPRC Firman Manan mengatakan awalnya KIB merupakan koalisi yang maju dengan program sebelum menentukan Capres mereka.

Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai KIB mempunyai ikatan lebih kuat karena berbasis program dan bukan berdasarkan kandidat presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News