Koarmada II Gelar Renang Selat Madura Tahun 2020

Koarmada II Gelar Renang Selat Madura Tahun 2020
ILUSTRASI. Puluhan anggota marinir dari Yonmarhanlan I Belawan, Sumatera Utara berenang dan mendayung di Danau Toba, Jumat (20/9). Foto: Yonmarhanlan I

jpnn.com, MADURA - Jelang peringatan hari jadi ke-59 Koarmada pada tanggal 29 Mei 2020 nanti, Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II akan menggelar event bertajuk Pangkoarmada II Cup 2020. Event yang dimaksud berupa lomba renang melintasi Selat Madura, yang terbuka untuk para peserta putra dan putri dari kategori Umum dan TNI/ Polri. 

Hal  tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dislambair Koarmada II Letkol Laut (T) Eduard Simbolon selaku Ketua Panitia, saat mempromosikannya lewat program on air di salah satu radio terkenal yang berlokasi di Bukit Wonokitri, Kota Surabaya, pada Senin (9/3).

Didampingi Kadispen Letkol Laut (P) Djawara H.T. Whimbo, Eduard-sapaan akrab Kadislambair pada kesempatan tersebut juga menjelaskan bahwa Pangkoarmada II Cup 2020 rencananya akan dilangsungkan pada tanggal 19 April 2020 mendatang.

Sementara pendaftarannya sendiri telah dibuka sejak pertengahan bulan Februari lalu, dengan biaya pendaftaran dipatok Rp150.000. Peserta akan mendapat satu buah goody bag yang berisi T-Shirt, Piagam, snack dan air mineral. Ia berharap target peserta sebanyak 700 orang dapat terpenuhi dalam ajang yang juga melibatkan Possi Jawa Timur ini. 

Terkait tujuan penyelenggaraan lomba renang Selat Madura, Eduard mengungkapkan bahwa ada tiga tujuan yang melatarbelakangi gagasan lomba ini. Pertama, untuk memperkuat sinergisitas antara TNI dengan Polri dan juga dengan masyarakat umum. Karenanya saat hari H nanti para pejabat TNI dan Polri di wilayah Surabaya akan hadir menyaksikan.

"Mereka juga akan mendapat kehormatan disematkan brevet Selat Madura, salah satu brevet kebanggaan TNI AL,” ujar Eduard. 

Kedua, sebagai wahana untuk mencari bibit-bibit baru perenang muda, yang dapat dibina lebih lanjut oleh Possi maupun Dislambair. Ketiga,  lomba ini menjadi ajang uji coba para perenang yang masuk kategori atlet, sebagai persiapan laga pada PON 2020 di Papua nanti.(fri/jpnn)

Jelang peringatan hari jadi ke-59 Koarmada pada tanggal 29 Mei 2020 nanti, Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada II akan menggelar event bertajuk Pangkoarmada II Cup 2020.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News