Kodim Lahat Gerebek Ladang Ganja Seluas 1 Hektare di Lahat

Kodim Lahat Gerebek Ladang Ganja Seluas 1 Hektare di Lahat
GANJA: Personel Kodim 0405 Lahat saat menggerebek ladang ganja di kawasan Tebing Meranti, Talang Renai Payang, Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat, Sabtu dini hari (5/1). Foto: Agustriawan/Sumatera Ekspres

jpnn.com, EMPAT LAWANG - Jajaran Kodim 0405 Lahat menemukan ladang ganja di kawasan Tebing Meranti, Talang Renai Payang, Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat, Sumsel, Sabtu dini hari (5/1). Puluhan tanaman ganja siap panen berhasil disita dari lahan sekitar 1 hektare tersebut.

Informasi yang dihimpun, operasi penggrebekan berawal dari informasi masyarakat. Selanjutnya setelah dilakukan penyelidikan dan tepat, aparat langsung melakukan penggerebekan.

Operasi dipimpin langsung Pasi Intel Kodim 0405 Lahat Kapten Chb Purwadi dan Danramil 405-05 Pendopo, Kapten Inf Sudiman. Sekitar 15 anggota bergerak dari Makodim 0405 Lahat, sekitar pukul 20.00 WIB, Kamis (4/1).

Selanjutnya tiba di Koramil Pendopo, aparat TNI bergerak menuju Desa Lubuk Buntak, Kecamatan Talang Padang. Kemudian berjalan kaki sekitar 15 km menuju Talang Renai Payang Desa Lingge, kecamatan Pendopo Barat. Dari desa ini sekitar 500 meter, aparat bergerak ke arah lokasi ladang yang berada di kawasan tebing meranti.

Aparat sempat melakukan pengepungan dan menyisir kawasan tersebut. Selanjutnya saat menaiki bukit curam diantara belukar, tampak puluhan batang ganja siap panen tumbuh subur. Diduga tanaman ganja yang ditanam ada ratusam, lantaran saat dilakukan penyelidikan pada siang hari sebelumnya, ada puluhan batang lainnya yang sepertinya sudah dipanen atau ditebas.

“Pelaku melarikan diri. Sementara barang bukti dan penyelidikan selanjutnya akan kita limpahkan ke pihak kepolisian untuk ditindak lanjuti,” tegas Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi SH MSi, Jumat (5/1).

Lanjutnya, pengungkapan ini hanyalah sampel yang sebelumnya Pihak Polres Empat Lawang juga telah mengungkap adanya ladang ganja. Sesuai arahan Presiden, TNI, POLRI dan BNN serta masyarakat untuk memerangi narkoba. Karena narkoba merusak generasi muda dan bangsa.

Selain itu, ada indikasi bahwa kondisi alam yang sulit dijangkau tersebut memudahkan oknum untuk menanam ganja. “Motifnya karena kurang kesadaran masyarakat. Juga tugas kita bersama untuk menindak tegas dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak melalukan tindak penyalahgunaan narkoba,” ungkapnya.(gti)


Jajaran Kodim 0405 Lahat menemukan ladang ganja di kawasan Tebing Meranti, Talang Renai Payang, Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat, Sabtu dini hari (5/1).


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News