Kolaborasi Seni Kreatif Jadi Pesona Soundsations 2018

Kolaborasi Seni Kreatif Jadi Pesona Soundsations 2018
Suasana Soundsations 2018 di CIBIS Business Park, Jakarta pada Minggu (8/7/2018). (Dedi Yondra/JPNN.com)

jpnn.com - Gelaran festival Soundsations 2018 bertajuk '100 Kota 1 Bahasa' akhirnya tiba di titik terakhir. Setelah berkeliling ke berbagai kota, kini acara puncak hadir di CIBIS Business Park, Jakarta pada Minggu (8/7) siang sampai malam hari.

Edisi penutup dari Soundsations 100 Kota 1 Bahasa ini mengusung ide kolaborasi. Ribuan pengunjung yang hadir disuguhi belasan ragam karya seni kreatif dengan instalasi raksasa ‘creative box’ sebagai masterpiece. Tidak ketinggalan penampilan apik dari musisi-musisi tanah air yang saling berkolaborasi seperti Stars and Rabbit bersama orkestra, serta Diskoria yang berkolaborasi bersama Reza Artamevia dan Faris RM Groove Quartet.

"Hadirnya Soundsations 100 Kota 1 Bahasa ini diharapkan mampu menjadi melting pot bagi berbagai komunitas seni kreatif untuk dapat mengekspresikan diri dengan berkolaborasi dan saling menginspirasi," kata Oktoberi Surbakti selaku Program Director MCM Live sebagai penyelenggara saat ditemui JPNN.com di lokasi.

Memasuki tempat acara, para pengunjung disambut oleh sebuah ‘Creative Box’ berbentuk kotak setengah terbuka yang merepresentasikan ragam ide kolaboratif untuk dapat diekspresikan seluas luasnya. ‘Creative Box’ tersebut memiliki setiap sisi yang diisi oleh beberapa komunitas yang saling berkolaborasi yaitu Warkov (Warung Komunikasi Visual), Depok Art District, komunitas Mata Api, Mantratattva dan Dhellet.

"Karya-karya yang mereka hasilkan menjadi cerminan identitas komunitas dan kami sebar di setiap sudut tempat acara agar bisa dinikmati oleh para pengunjung,” jelasnya.

Karya unik dan menarik pun juga datang dari komunitas Tangerang Doodle Art yang mana berkreasi dengan medium kanvas yang mampu mencuri perhatian sekaligus menstimulasi imajinasi para pengunjung yang hadir. Begitu pula dengan komunitas Sakala Studio yang menghadirkan merchandise unik berupa iron patch, t-shirt dan notes.

Di samping karya-karya kolaboratif dari berbagai komunitas, gelaran Soundsations 100 Kota 1 Bahasa juga membuka kesempatan untuk para pengunjung menambah wawasan dalam bidang seni visual.

Pasalnya dalam acara ini juga digelar talkshow inspiratif; ‘How to Get More from Your Artwork’ yang diisi oleh dua nama beken yaitu Farid Stevy dan Sarkodit.

Soundsations 2018 akhirnya tiba di titik terakhir. Setelah berkeliling ke berbagai kota, kini acara puncak hadir di CIBIS Business Park

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News