Kolaborasi Singapura & Indonesia Tingkatkan Kesejahteraan 337 Ribu Siswa di Jatim

Kolaborasi Singapura & Indonesia Tingkatkan Kesejahteraan 337 Ribu Siswa di Jatim
Singapura dan Indonesia berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan 337 ribu siswa di Jawa Timur lewat program Peningkatan Kompetensi Guru BK Jenjang SMK. Foto: dok SIF

jpnn.com, JAKARTA - Singapura dan Indonesia berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan 337 ribu siswa di Jawa Timur lewat program “Peningkatan Kompetensi Guru BK Jenjang SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur” di Malang pada (1/8).

Gagasan itu diluncurkan berkat kolaborasi Singapore International Foundation (SIF), Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dan Divisi Pekerjaan Sosial Sekolah dari Asosiasi Pekerja Sosial Singapura (SASW).

Direktur Eksekutif SIF Jean Tan mengatakan sekolah menyediakan ruang yang aman bagi siswa untuk tumbuh dan menavigasi kompleksitas kehidupan.

Guru konselor yang efektif dapat menciptakan lingkungan belajar positif dan penuh perhatian untuk membantu siswa mengatasi rintangan, membangun ketahanan, dan mencapai potensi penuh mereka.

"Kami bersyukur bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan SASW telah bergabung dengan kami untuk meningkatkan pengalaman pendidikan bagi para siswa di Jawa Timur," ungkap Jean dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Rabu (2/8).

Program tiga tahun ini bertujuan untuk meningkatkan dukungan dan konseling bagi para siswa di Jawa Timur dengan mengembangkan keterampilan guru bimbingan dan konseling.

Inisiatif tersebut sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 111 Tahun 2014, yang menekankan pentingnya memberikan bimbingan dan konseling profesional sebagai komponen integral dari pendidikan dasar dan menengah.

Di tingkat global, inisiatif ini mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN SDG) yang ke-4 – guna memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas untuk semua.

Singapura dan Indonesia berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan 337 ribu siswa di Jawa Timur lewat program Peningkatan Kompetensi Guru BK Jenjang SMK

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News