Kolaborasi TikTok-Tokopedia, Pelaku Usaha Diharapkan Bisa Mengoptimalkan Peluang

Kolaborasi TikTok-Tokopedia, Pelaku Usaha Diharapkan Bisa Mengoptimalkan Peluang
Ilustrasi - Fitur belanja di aplikasi TikTok kembali beroperasi, para TikTok Affiliate bergairah untuk berdagang. Ilustrator: Ardissa Barack/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pegiat UMKM Indonesia Dewi Meisari Haryanti menilai kolaborasi antara Tiktok dan Tokopedia akan menggairahkan kembali transaksi ekonomi yang menurun akhir-akhir ini.

Seperti diketahui, TikTok akhirnya resmi menjalin kemitraan strategis dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). Kemitraan strategis tersebut ditandai dengan kembalinya TikTok Shop beroperasi di Indonesia melalui PT Tokopedia, mulai Selasa (12/12).

Menurutnya, selain memudahkan jutaan pedagang digital untuk mengakses pasar yang lebih luas, konsumen juga mendapatkan lebih banyak pilihan untuk memenuhi kebutuhannya.

“Kembalinya TikTok Shop melalui kerja sama dengan e-commerce Tokopedia sangat positif bagi bisnis UMKM. Cara ini lebih efisien karena kedua perusahaan tinggal menjalankan integrasi teknologinya. Kolaborasi ini akan menguntungkan UMKM menjangkau pasar lebih luas dan lebih cepat,” ujar Dewi.

Meski begitu, Dewi juga mengingatkan kembalinya Tiktok lewat Tokopedia juga harus dibarengi dengan peningkatan kualitas dari produk-produk UMKM lokal.

Dengan begitu konsumen akan semakin mantap untuk memilih produk dalam negeri ketimbang impor. Efek positif lainnya, para afiliator yang selama ini tidak memiliki produk tetapi ikut menjual produk-produk UMKM juga akan lebih mudah mendapatkan pembeli dan menaikkan transaksinya.

“UMKM harus berkomitmen untuk memperbaiki kualitas produk agar bisa menjadi pilihan belanja bagi konsumen. Para afiliator tentu juga akan menyambut positif jika produk-produk UMKM kita berkualitas,” imbuh Dosen Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia ini.

UMKM juga harus melakukan improve dengan mengedepankan kualitas dan keunikan produk mereka. Dengan demikian, setiap produk UKM akan memiliki value atau manfaat yang lebih bagus meskipun harganya cenderung lebih tinggi dibandingkan produk impor.

Kembalinya TikTok Shop melalui kerja sama dengan e-commerce Tokopedia sangat positif bagi bisnis UMKM. Cara ini lebih efisien.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News