Kolam Renang Hotel Mungkin Wadah Nyaman Parasit dan Bakteri

Kolam Renang Hotel Mungkin Wadah Nyaman Parasit dan Bakteri
Amel Alvi berpose seksi dengan pemandangan kolam renang. Foto: Instagram/amelalvireal

jpnn.com - Selama periode 15 tahun, 493 wabah penyakit terkait dengan air yang diklorinasi atau diobati dilaporkan di 46 negara bagian dan Puerto Rico, menurut laporan CDC baru.

Hotel menetapkan hampir sepertiga dari semua wabah penyakit di Amerika Serikat terkait dengan air yang diklorinasi atau yang diolah - seperti kolam renang dan bak air panas - antara tahun 2000 dan 2014.

Selama periode 15 tahun, total 493 wabah terkait dengan air rekreasi yang dirawat dilaporkan di 46 negara bagian dan Puerto Rico. Laporan ini mendefinisikan wabah sebagai penyakit serupa yang terjadi pada dua atau lebih.

Semua mengatakan, wabah ini menyebabkan setidaknya 27.219 penyakit dan delapan kematian, menurut Pusat Mingguan dan Mabesitas Morbiditas dan Mencegah Penyelamatan AS.

Pelakunya, parasit dan bakteri. Lebih dari setengah (58 persen) dari wabah dengan sumber yang dikonfirmasi disebabkan oleh parasit Cryptosporidium, yang biasa disebut Crypto, yang bisa bertahan bahkan di kolam yang terawat baik dan bisa memberi perenang penyakit gastrointestinal dan diare.

Setidaknya enam dari delapan kematian dan 16 persen dari penyakit bisa dikaitkan dengan bakteri Legionella, yang menyebabkan penyakit Legionnaires, pneumonia berat dan demam Pontiac, penyakit seperti flu yang lebih ringan.

"Sarannya cukup standar tidak peduli siapa Anda," kata penulis utama studi dan ketua Program Sehat Kolam CDC, Michele Hlavsa, seperti dilansir laman MSN, Selasa (17/7).

"Sekali di dalam air, jangan minum air kolam tersebut," jelas Hlavsa.

Selama periode 15 tahun, 493 wabah penyakit dari air yang diklorinasi atau diobati seperti kolam rekreasi dan sejenisnya dilaporkan di 46 negara bagian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News