Koleksi Museum Bertambah, Wisata Morotai Bergairah

Koleksi Museum Bertambah, Wisata Morotai Bergairah
Ilustrasi. Foto: from Indopos

jpnn.com - MOROTAI - Pulau Morotai sudah sering mampir terdengar di telinga. Tapi, pernahkah ke sana, posisinya di mana dalam peta? 

Mungkin banyak yang belum tahu, meskipun sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo dan dipublikasikan Menteri Pariwisata Arief Yahya sebagai salah satu dari 10 Bali Baru yang sedang digarap dan dikembangkan oleh Kemenpar. 

Silakan Googling, ketik Morotai di Google Maps, maka Anda yang tinggal di Jakarta akan dibawa menuju 2.586 kilometer ke arah timur laut Indonesia, kanan atasnya Manado.

Anda akan menemukan pulau kecil di Provinsi Maluku Utara yang punya keindahan luar biasa hebat. Banyak atraksi bahari yang bisa dieksplorasi untuk wisata di sana. Salah satunya adalah Museum Morotai Perang Dunia II yang konon namanya sudah mendunia.

Museum itu baru saja punya koleksi tambahan yang diberikan langsung oleh pemerintah Amerika Serikat. "Pada tanggal 7 November 2016 sudah diterima kiriman foto dari Amerika terkait (Douglas) MacArthur sebanyak 56 lembar. Dokumen, gambar dan semua pernak pernik terkait Perang Dunia II itu, akan disimpan di Museum Morotai, yang diharapkan menjadi salah satu unggulan wisata Morotai,” ujar Ketua Pokja Tim Percepatan 10 Top Destinasi Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Hiramsyah Sambudhy Thaib.

Selama ini, atraksi di Morotai adalah nature yang berbasis pada wisata bahari. Ada coastal zone dengan pantai pasir putih yang keren. Ada sea zone, antarpulau bagi yachters. Ada underwater, bagi yang suka keindahan bawah laut, baik snorkeling maupun diving. 

“Koleksi MacArthur itu memperkuat atraksi Morotai dengan cerita sejarah dan foto-foto yang memberi arti penting dalam berwisata ke sana. Tidak hanya mendapatkan alam, tetapi juga pengetahuan,” kata Hiram yang mantan Ketua Asosiasi Kawasan Pariwisata Indonesia (AKPI) itu.

Sekadar informasi, Indonesia memiliki hubungan kuat dengan Perang Dunia II, tepatnya di Pulau Morotai. Morotai pernah digunakan sebagai pangkalan perang pasukan Amerika Serikat pada masa Perang Dunia II yang berlangsung tahun 1939-1945.

MOROTAI - Pulau Morotai sudah sering mampir terdengar di telinga. Tapi, pernahkah ke sana, posisinya di mana dalam peta?  Mungkin banyak yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News