Kolinlamil Sumbang Darah Prajurit ke PMI

Kolinlamil Sumbang Darah Prajurit ke PMI
Para prajurit jajaran Kolinlamil sedang diambil darahnya dalam kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI Jakarta Utara. FOTO: Dispen Kolinlamil

jpnn.com - jpnn.com - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menyumbangkan darah prajuritnya kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara, melalui kegiatan bakti sosial donor darah.

Jajaran prajurit Kolinlamil mendonorkan darah pada kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian Kolinlamil terhadap kemanusiaan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Kolinlamil turut serta membantu pemerintah melalui PMI terhadap ketersediaan darah, yang akan disalurkan ke rumah sakit untuk membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar Kadiskes Kolinlamil Letkol Laut (K) dr. Hengky Setyahadi di sela-sela kegiatan donor darah di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat (6/1).

Lebih lanjut, Kadiskes Kolinlamil mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan untuk mengisi stok darah bagi Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Jakarta Utara, dan dalam rangka peringatan HUT Kowal ke-54.

Donor darah kali ini dilaksanakan atas kerja sama Diskes Kolinlamil dengan Unit Transfusi darah PMI Jakarta Utara. Donor darah ini diikuti oleh keluarga besar Kolinlamil baik militer maupun PNS Kolinlamil.

Unit Transfusi darah PMI Jakarta Utara dalam pelayanannya mendatangkan 10 personel terdiri dari 1 orang dokter, 6 orang paramedis dan 2 orang tenaga administrasi. Sedangkan dari Diskes Kolinlamil mendatangkan 8 orang dalam mendukung kegiatan donor darah di Kolinlamil.

Sejumlah 100 orang donor darah yang ingin menyumbangkan darahnya, namun hanya 68 orang yang berhasil diambil darahnya dengan perincian: golongan darah A sebanyak 13 kantong, golongan darah B sebanyak 25 kantong, golongan darah AB sebanyak 5 kantong, dan golongan darah 0 sebanyak 25 kantong.

Sedangkan sejumlah 32 orang tidak terambil darahnya karena tidak memenuhi syarat akibat tensi tinggi, hemoglobin tidak cukup, dan lain sebagainya.(fri/jpnn)


Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menyumbangkan darah prajuritnya kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara, melalui kegiatan bakti


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News