Komandan Hamas Terbunuh

Komandan Hamas Terbunuh
TEWAS : Komandan senior Hamas, Nizar Rayyan (tengah) saat melakukan inspeksi pasukan milisi Hamas di sebelah utara Gaza. Foto diambil September 15, 2007. Nizar Rayyan tewas oleh serangan udara Israel di tahun baru 2009. Foto : REUTERS
GAZA - Seringai ''kemenangan'' Israel bisa jadi makin merekah setelah militer mereka berhasil menewaskan salah seorang komandan senior Hamas Kamis (1/1). Seperti dilansir Associated Press dan CNN, tokoh yang terbunuh itu adalah Nizar Rayyan, penyambung lidah antara petinggi militer dan petinggi politik.

Rayyan, yang tinggal di kamp pengungsi Gaza di Jabaliya, tewas setelah rudal Israel menghantam kediamannya. Korban tewas lain adalah istri dan kedelapan anaknya.

Senior Hamas itu disebut-sebut sebagai perencana serangan terhadap Pelabuhan Ashdod pada 2004. Akibat serangan itu, 10 warga Israel tewas. Pada 2002 dia mengirim salah seorang putranya untuk menjalani misi jihad melakukan bom bunuh diri di perbatasan Gaza, Alei Sinai.

''Ini pukulan berat sekaligus ancaman terhadap petinggi Hamas,'' kata Jonathan Fighel, seorang dosen dari Institute for Counter-Terrorism di Herzliya, Israel, seperti dilansir situs Bloomberg.

GAZA - Seringai ''kemenangan'' Israel bisa jadi makin merekah setelah militer mereka berhasil menewaskan salah seorang komandan senior Hamas Kamis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News