Komarudin Dinilai Memiliki Kapasitas menjadi Cawapres Jokowi

Komarudin Dinilai Memiliki Kapasitas menjadi Cawapres Jokowi
Ketua Bidang Kehormatan PDI Perjuangan dan juga anggota DPR RI, Komarudin Watubun. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dinamika penentuan bakal calon wakil presiden untuk mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada pemilu presiden 2019 mendatang terus bergulir. Sejumlah tokoh nasional terus digadang-gadang menjadi cawapres Jokowi meski hingga saat ini Jokowi dan partai-partai pendukung Jokowi belum menentukan siapa sosok yang akan mendampinginya.

Ketua Bidang Kehormatan PDI Perjuangan, Komarudin Watubun kini mulai disebut-disebut namanya sebagai salah satu yang yang cukup merepresentasi mewakiki wilayah Indonesia Timur untuk mendampingi Jokowi.

Meski nama Anggota Komisi II DPR RI ini belum banyak diketahui publik Indonesia namun dia memiliki kapasitas dan kapabilitas masuk dalam bursa cawapres mendampingi Jokowi.

Menanggapi hal ini, Pengamat Politik Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan, Komarudin Watubun salah satu tokoh wilayah Indonesia Timur yang memiliki kapasitas sebagai bakal cawapres mendampingi Joko Widodo.

Menurut Ramses, pasca Jusuf Kalla semakin sulit mencari figur dan tokoh yang merepresentasi publik Indonesia Timur, sehingga dengan memunculkan nama Komarudin tentu bukan tanpa sebab.

"Saya kira pak Komarudin punya kemampuan juga, punya kapasitas dan memiliki integritas. Hal lain juga pak Komarudin bisa menjadi salah satu tokoh yang merespresentasi wilayah Indonesia Timur pasca pak Jusuf Kalla," kata Ramses dalam keterangan persnya di Jakarta, Minggu (20/5/2018).

Lebih lanjut, Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini menjelaskan, pemilihan cawapres tentu melalui banyak pertimbangan dan salah satunya terkait keterwakilan wilayah.

“Ada banyak pertimbangan penentuan cawapres dan salah satunya keterwakilan wilayah," ujar Ramses.

Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan Komarudin Watubun salah satu tokoh wilayah Indonesia Timur yang memiliki kapasitas sebagai bakal cawapres Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News