Kominfo & Kemendikbudristek Berkolaborasi Memperkuat Kecakapan Digital ASN

Kominfo & Kemendikbudristek Berkolaborasi Memperkuat Kecakapan Digital ASN
Kominfo & Kemendikbudristek berkolaborasi memperkuat kecakapan digital ASN. Foto: Dokumentasi Kominfo

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan literasi digital sektor pemerintahan untuk aparatur sipil negara (ASN). Kegiatan ini dilaksanakan di Bogor, Jawa Barat, pada 27-30 Maret 2023 yang diikuti lebih dari delapan ribu peserta secara hybrid.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan kegiatan Literasi Digital bagi ASN menjadi kesempatan sangat baik untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan para ASN Kemendikbudristek. 

“Melalui penyelenggaraan Literasi Digital yang dilaksanakan secara masif dan dipadukan dengan program Merdeka Belajar,  akan meningkatkan kompetensi atau kemampuan ASN Kemendikbudristek,” tuturnya.

Nadiem melanjutkan bahwa ASN yang mengikuti kegiatan ini akan dihadapkan pada empat dimensi Literasi Digital sebagai penunjang kompetensi.

Adapun empat dimensi literasi digital itu, yakni Digital Skills, Digital Safety, Digital Ethics, dan Digital Culture akan mengembangkan kompetensi ASN. 

Kegiatan ini juga akan menjadi momentum untuk makin meningkatkan kecakapan digital ASN Kemendikbudristek. “Saya optimistis hasil dari pelatihan ini akan meningkatkan pelayanan publik,” ujar Nadiem.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti menambahkan bahwa tanggung jawab ASN kini makin besar karena pelayanan yang dihadirkan bagi masyarakat kian beragam.

ASN saat ini dituntut bekerja lebih baik dalam berbagai pelayanan untuk masyarakat. Oleh karena itu, ASN perlu menguasai literasi digital dengan baik.

Kemenkominfo dan Kemendikbudristek berkolaborasi memperkuat kecakapan digital ASN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News