Komisi III Cek Kesiapan Polda Metro Amankan Asian Games

Komisi III Cek Kesiapan Polda Metro Amankan Asian Games
Kahar Muzakir. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jajaran Komisi III DPR melakukan kunjungan kerja ke Polda Metro Jaya. Kunker ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persiapan dan strategi pengamanan menghadapi Asian Games 2018 yang akan dibuka pada 18 Agustus mendatang.

Ketua Komisi III Kahar Muzakir mengatakan, pertemuan itu tak hanya dihadiri perwakilan Polda Metro, tapi juga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

“Kami ingin dapat penjelasan soal berbagai persiapan, kebijakan pengamanan, dan kendala yang dihadapi,” kata Kahar, Senin (9/7).

Menurut dia, Polda Metro mesti aktif melakukan operasi cipta kondisi sejak dini untuk menekan potensi gangguan keamanan jelang perhelatan Asian Games di Jakarta dan Palembang itu.

“Maraknya kasus jambret di Jakarta beberapa waktu lalu perlu direspons secara serius, agar tidak mencoreng citra keamanan,” imbuh politikus dari Partai Golkar itu.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis mengatakan, keamanan dan ketertiban di wilayah hukumnya harus terjaga dengan baik dan menjadi fokus utama.

“Dari awal Juli sudah dilakukan operasi cipta kondisi dan diamankan 387 pelaku kriminal seperti preman, jambret, begal dan lain-lain. Ini salah satu upaya serius kami mengamankan ibu kota,” kata dia.

Untuk kelancaran lalu lintas, pihaknya juga tengah gencar melakukan sosialisasi penerapan ganjil-genap yang diperluas wilayahnya dan diperpanjang masa berlakunya.

Jajaran Komisi III DPR melakukan kunjungan kerja ke Polda Metro Jaya. Kunker ini dilakukan untuk mengetahui persiapan pengamanan Asian Games 2018

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News