Komisi III DPR Yakin Banyak Pejabat ASN Imigrasi Mumpuni Jadi Dirjen

Komisi III DPR Yakin Banyak Pejabat ASN Imigrasi Mumpuni Jadi Dirjen
Didik Mukrianto. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto meminta Presiden Joko Widodo dan Menkum HAM Yasonna H Laoly mempertimbangkan penjabat ASN Imigrasi Kemenkumham untuk menjadi Dirjen Imigrasi yang sedang dalam proses seleksi.

Menurut Didik, sebagai organisasi teknis kementerian, sebaiknya posisi Dirjen Imigrasi diisi oleh mereka yang punya latar belakang pengetahuan, pengalaman teknis keimigrasian.

“Saya sepakat dan juga mendorong untuk memberikan kesempatan dan ruang (untuk jadi Dirjen) kepada ASN karier di Kemenkumham yang memang sejak dari awal mereka menjadi tulang punggung dan dididik serta berkarier di Imigrasi," ujar Didik dalam keterangan tertulis pada Senin (19/9/2022).

Didik mengatakan teguran keras Presiden Jokowi kepada Plt Dirjen Imigrasi baru-baru ini mengindikasikan perlu peningkatan kinerja di imigrasi.

Menurut dia, teguran Jokowi harus menjadi peringatan juga bagi Menkum HAM untuk membenahi internalnya.

"Jika mendengar apa yang dikeluhkan Presiden terkait dengan kinerja Dirjen Imigrasi yang dianggap perlu ditingkatkan profesionalitasnya, tentu itu menjadi kode keras buat Menkum HAM untuk membenahi internalnya. Apalagi salah satu sebabnya adalah penempatan personel nonkarier yang dianggap menjadi permasalahannya,” ungkap dia.

Didik juga meyaini banyak ASN karier yang memiliki kemampuan teknis dan manajerial untuk menjadi Dirjen Imigrasi.

“Saya yakin tidak kurang ASN karier di Kemenkumham yang mempunyai integritas, profesionalitas, kapasitas, kapabilitas, kompetensi dan rekam jejak yang jauh lebih baik," tegas Didik.

Anggota Komisi III DPR RI Didik Mukrianto meminta Presiden Jokowi dan Menkum HAM mempertimbangkan penjabat ASN Imigrasi Kemenkumham untuk menjadi Dirjen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News