Komisi VI DPR Minta Performa Perusahaan Tetap Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19

Komisi VI DPR Minta Performa Perusahaan Tetap Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19
Anggota Komisi VI DRP dari Fraksi PKS DPR Nevi Zuairina. Foto: Humas FPKS DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PKS Nevi Zuairina meminta perusahaan terutama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tetap dapat mempertahankan performanya meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Nevi saat Rapat Dengar Pendapat secara virtual antara Komisi VI DPR dan BUMN Klaster Transportasi pada Rabu (29/4).

Berdasar tren statistik Covid-19 di Indonesia, pada bulan Mei mendatang diprediksi masih menghadapi situasi tidak menguntungkan bahkan menuju masa paling puncak kondisi pandemi Covid-19 ini.

Legislator asal Sumatera Barat II ini mengatakan angkutan penumpang baik darat, laut dan udara penyeberangan masih mati, kecuali untuk logistik.

Untuk itu, pada persoalan logistik, BUMN transportasi mesti mampu menjadi terdepan dalam profesionalitas untuk memastikan distribusi pangan dan alat kesehatan ke seluruh wilayah Indonesia.

“Sesuai dengan kesimpulan rapat hari ini, Rabu (29 April 2020), BUMN Transportasi harus mampu berkoordinasi dengan BUMN Klaster Pangan dan farmasi agar distribusi segala macam produk pangan dan alat kesehatan,” ujar Nevi.

Politikus PKS ini mengingatkan kepada BUMN Transportasi yang dihadiri oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelni (Persero) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) bahwa Bapak Presiden Indonesia telah mengakui di beberapa provinsi Indonesia mengalami defisit pangan.

Defisit pangan di berbagai propinsi, menurut Nevi, mestinya dapat didukung oleh wilayah Indonesia lain yang masih surplus, asalkan ada proses distribusi yang baik. Komisi VI, lanjutnya, akan memberikan teguran atau sanksi tegas kepada Kementerian BUMN dan jajaran Direksi BUMN Transportasi apabila terjadi kelalaian yang menyebabkan keterlambatan distribusi kebutuhan pokok, obat dan alat kesehatan ke seluruh wilayah NKRI.

Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi PKS Nevi Zuairina meminta BUMN tetap dapat mempertahankan performanya meskipun dalam keadaan pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News