Komisi VIII Apresiasi Penyelenggara Haji di Maluku

Komisi VIII Apresiasi Penyelenggara Haji di Maluku
Ketua Komisi VIII Ashabul Kahfi saat foto bersama usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII ke Ambon, Maluku, Senin (10/10/2022). Foto: Bianca/nvl

jpnn.com, AMBON - Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi mengapresiasi penyelenggara Ibadah Haji Tahun 1443 Hijriah di Maluku.

Menurut dia penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah, kalau pandangan dari eksternal yang kami baca pelaksanaan haji tahun ini relatif hampir tidak ada keluhan dari masyarakat," kata dia saat melakukan Kunjungan Kerja ke Ambon, Maluku, Senin (10/10)

"Mungkin karena jumlah jemaah haji yang berangkat kemarin kuotanya hanya kurang lebih 100 ribu orang," sambungnya.

Meski dinilai berjalan dengan baik, Ashabul Kahfi mengingatkan agar jajaran kementerian/lembaga penyelenggara Ibadah Haji terkait tidak lantas berpuas diri.

Sebab, setelah dievaluasi, masih ditemukan beberapa hal yang masih membutuhkan perbaikan dan penyempurnaan ke depannya.

Dia mengatakan ada beberapa yang perlu diperbaiki antara lain, terkait dengan kenaikan biaya dalam ibadah Haji, sehingga menyebabkan Pemerintah harus memberikan subsidi dalam jumlah yang tidak sedikit, yakni Rp 1,5 triliun.

Untuk itu, pihaknya berharap Pemerintah bisa melakukan negosiasi-negosiasi dengan Pemerintah Arab Saudi untuk dapat menekan biaya tersebut.

Ketua Komisi VIII DPR Ashabul Kahfi mengapresiasi penyelenggara Ibadah Haji Tahun 1443 Hijriah di Maluku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News