Komisi X Puji Minat Baca di Kalsel

Komisi X Puji Minat Baca di Kalsel
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih saat kunjungan ke Kalsel. Foto: dok. DPR

jpnn.com, JAKARTA - Provinsi Kalimantan Selatan merupakan provinsi yang minat baca masyarakatnya sudah cukup bagus, hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih saat bertemu dengan Sekda Kalsel dan dinas terkait, Kamis (14/09/2017).

"Animo masyarakat Kalsel mendatangi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan buku maupun bahan bacaan lain seperti pameran buku cukup tinggi. Tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan yang dikelola Pemprov, Kabupaten dan Kota juga cukup tinggi, itu dari data yang kita peroleh," ungkap Fikri.

Sementara itu dalam budaya menulis, Kalsel memiliki tokoh yang cukup produktif dalam menulis buku.

Buku yang ditulis antara lain terkait makanan tradisional, budaya Banjar, rumah adat, cerita rakyat, pantun, dan peribahasa.

Politikus PKS ini juga sampaikan bahwa indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalimantan Selatan pada 2016 terus mengalami kemajuan yang ditandai dengan terus meningkatnya IPM di Kalimantan Selatan.

Pada 2016, IPM Kalimantan Selatan telah mencapai 69.05. Angka ini meningkat sebesar 0.67 poin jika dibandingkan dengan IPM Kalimantan Selatan pada tahun 2015 sebesar 68.38.

Pada 2016, pembangunan manusia di Kalimantan Selatan masih berstatus “sedang”, masih sama dengan status tahun sebelumnya.

IPM Kalimantan Selatan pada 2016 tumbuh sebesar 0,98 persen dibandingkan 2015.

Animo masyarakat Kalsel mendatangi berbagai kegiatan yang berkaitan dengan buku maupun bahan bacaan lain seperti pameran buku cukup tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News