Komite II DPD RI Sebut Tambak Udang di Aceh Timur Bisa Angkat Ekonomi Masyarakat

Komite II DPD RI Sebut Tambak Udang di Aceh Timur Bisa Angkat Ekonomi Masyarakat
Wakil Ketua Komite II DPD RI Abdullah Pute saat tinjau tambak udang vaname di Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Foto: dok DPD

jpnn.com, ACEH TIMUR - Wakil Ketua Komite II DPD RI Abdullah Puteh mengapresiasi pembangunan klaster tambak udang vaname di Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh yang dibangun oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono.

Pasalnya, tambak itu bisa mengangkat ekonomi masyarakat dan menjadi sarana edukasi budidaya yang modern dan ramah lingkungan.

Bahkan keberadaan klaster tambak menciptakan multiplier effect di bidang pariwisata.

"Saya mengapresiasi kehadiran Menteri KKP di Kabupaten Aceh Timur yang sangat bersahaja untuk membantu masyarakat Aceh mendapatkan kesejahteraan melalui tambak udang vaname ini," ungkap Abdullah.

Dia mengatakan, Menteri Sakti Trenggono datang ke Kabupaten Aceh Timur untuk melihat hasil uji coba dua tahun yang lalu dan saat ini berhasil dipanen.

Menurut dia, hasil tambak udang Vaname itu jika dikelola secara tradisional hanya menghasilkan panen sekitar 500 Kg/hektare.

Akan tetapi dengan sistem pengelolaan sekarang, bisa menghasilkan panen sekitar 3 Ton/Hektare, sehingga hasil yang dirasakan masyarakat lebih signifikan.

"Itu merupakan sebuah indeks pendapatan masyarakat yang tinggi,” tuturnya.

Wakil Ketua Komite II DPD RI Abdullah Puteh mengatakan tambak itu bisa mengangkat ekonomi masyarakat dan menjadi sarana edukasi budidaya yang modern dan ramah lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News