Komite Sekolah Harus Cegah Pungli

Komite Sekolah Harus Cegah Pungli
Komite Sekolah Harus Cegah Pungli
MAKASSAR - Komite sekolah tidak hanya menjadi lembaga pelengkap organisasi manajemen di sekolah. Institusi yang banyak direkrut dari orang tua siswa itu memiliki peran yang cukup besar dalam mendukung proses pendidikan di sekolah.

   

Sekretaris Dewan Pendidikan Kota Makassar, Syahrir Badaruddin mengungkapkan hal itu dalam workshop Komite SMK Negeri 7 Makassar di Hotel Singgasana, Minggu (30/9). Syahrir menjadi pembicara dalam workshop peningkatan mutu dan kualitas komite sekolah, di depan para komite SMK 7 Makassar, bersama anggota Dewan Pendidikan Makassar lainnya, Basri Nganring.

   

"Salah satu hal penting untuk diperhatikan para komite sekolah adalah, perannya dalam menjaga terjadinya praktek pungutan liar yang selalu dipermasalahkan di berbagai sekolah," kata Syahrir.

   

Dia menjelaskan, di beberapa sekolah, praktik pungutan liar (pungli) kerap dilakukan dengan mengatasnamakan komite sekolah. Pasalnya, kata dia, komite sekolah memiliki peran dalam memberi persetujuan dibolehkannya pungutan di dalam sekolah. Hanya saja, Komite Sekolah tentu harus memperhatikan aspek-aspek penting yang mendasari pungutan itu. Selain pungli, kata Syahrir, hal penting lain yang harus diperhatikan Komite sekolah adalah bisa mengawasi dengan baik jalannya penyaluran dana Bos.

   

MAKASSAR - Komite sekolah tidak hanya menjadi lembaga pelengkap organisasi manajemen di sekolah. Institusi yang banyak direkrut dari orang tua siswa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News