JPNN.com

Komitmen Mendikbud Lindungi Adat dan Budaya Papua, Begini Caranya...

Sabtu, 13 Februari 2021 – 23:05 WIB
Komitmen Mendikbud Lindungi Adat dan Budaya Papua, Begini Caranya... - JPNN.com
Salah satu calon menteri, Nadiem Makarim membawa map putih setelah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di komplek Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SORONG - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim berkomitmen pada perlindungan adat dan budaya masyarakat Provinsi Papua Barat.

"Kemajemukan adat dan budaya merupakan kekayaan terbesar di Indonesia. Budaya Papua Barat yang begitu unik harus dilindungi," kata Nadiem di kota Sorong, Sabtu (13/2).

Dia mengatakan, hal tersebut menjadi prioritas Kemdikbud, selain pelestarian juga inovasi budaya, sehingga nantinya bisa dinikmati oleh generasi berikutnya.

Ia juga mendorong pelestarian bahasa sebagai bagian dari perlindungan adat dan budaya, melalui pelajaran bahasa adat di satuan pendidikan.

Menurutnya, tanpa bahasa daerah yang menyimpan aneka makna tertentu, maka kebudayaan sulit tumbuh.

"Ruang kearifan lokal dalam sistem pendidikan kita harusnya dibesarkan," ungkap Nadiem.

Dia menambahkan, perlindungan adat dan budaya harus pula diiringi dengan kesejahteraan ekonomi masyarakat adat. Caranya ialah dengan mengembangkan pariwisata (tourism) yang baik, tanpa mengorbankan lingkungan.

"Saya 100 persen setuju bahwa akan sangat sulit melestarikan dan melindungi adat kalau tidak ujung-ujungnya berakhir kepada dampak ekonomi masyarakat adatnya. Koneksi antara kesejahteraan adat dan ekonomi adalah turisme. Tapi turisme yang sehat yang baik," papar Nadiem.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...