Komjen Listyo Sigit Prabowo Dituntut Bisa Selesaikan Ini Saat Jadi Kapolri 

Komjen Listyo Sigit Prabowo Dituntut Bisa Selesaikan Ini Saat Jadi Kapolri 
Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebagai calon tunggal Kapolri di Komisi III DPR, Rabu (20/1).  

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyakini Komjen Listyo Sigit Prabowo akan melewati fit and propert test dengan mulus. 

Sebab, Ujang menilai sejauh ini, tidak ada suara-suara penolakan terhadap Komjen Listyo Sigit Prabowo dari fraksi-fraksi di DPR.

"DPR saat ini diisi oleh partai-partai dari koalisi pemerintah. Dengan demikian, jalan Komjen Listyo Sigit Prabowo akan  mulus di DPR RI hingga nanti ditetapkan menjadi Kapolri baru," ungkap Ujang, Rabu (20/1). 

Namun demikian, Ujang menegaskan Listyo Sigit Prabowo akan menghadapi banyak tantangan ketika nanti menjabat sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara. 

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu mengatakan, Listyo Sigit Prabowo akan menghadapi tantangan dari internal Polri dan juga pihak eksternal.

"Tantangan pertama datang dari internal," tegas Ujang dikutip dari Ujang Komaruddin Channel di Youtube. 

Ia menegaskan internal Polri harus diperbaiki dan reformasi. Tidak hanya kelembagaan, kata Ujang, tetapi banyak hal yang juga mesti diperbaiki. 

Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menghadapi tantangan besar baik dari internal maupun eksternal ketika nanti menjadi Kapolri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News