Kompetisi Diundur, Menpora Pahami Keputusan Polri Demi Keselamatan Umum

Kompetisi Diundur, Menpora Pahami Keputusan Polri Demi Keselamatan Umum
Menpora RI Zainudin Amali bersama petinggi PSII dan PT LIB merespons penundaan kompetisi Liga 1 dan 2. Foto Humas Kemenpora RI.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengapresiasi sikap PSSI dan PT LIB terkait keputusan Polri yang tidak mengeluarkan izin keramaian untuk bergulirnya Liga 1 dan Liga 2.

Hal itu disampaikan Menteri Zainudin bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi, dan Sesmenpora Gatot S Dewa Broto di Gedung Kemenpora, Selasa (29/9).

Pada konfrensi pers yang menerapkan protokol kesehatan tersebut, Zainudin mengaku sudah melakukan rapat koordinasi bersama ketum PSSI dan PT LIB serta jajaranya terkait perkembangan kompetisi. Dalam forum itu PSSI telah mengambil sikap dengan bijak dan arif terkait kelanjutan Liga 1 dan Liga 2.

"PSSI memutuskan menunda penyelenggaraan kompetisi satu bulan ke depan. Bahwa apa yang dilakukan ketum PSSI, PT LIB dan jajaran pengurus harus kita apresiasi. Kemenpora mengapresiasi sikap ketum PSSI dengan mengedepankan apa yang menjadi keselamatan umum, seperti yang disampaikan oleh Mabes Polri," kata Menpora Zainudin.

Karena itu dia meminta kepada semua stakeholder sepakbola Tanah Air untuk memahami keputusan ini.

"Mohon kepada seluruh insan sepakbola nasional bisa memahami apa yang diputuskan oleh PSSI. Kita berharap pandemi ini segera berakhir. Insyaallah akan ada lanjutan kompetisi. Semoga sebulan ke depan ada tanda-tanda kondisi yang membaik untuk penyelenggaraan kompetisi, sehingga kita bisa melakukan kompetisi kembali," tuturnya.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan Liga 1 dan 2 yang tadinya akan berlangsung 1 Oktober antara PSS Sleman melawan Persik Kediri harus diundur sesuai arahan Mabes Polri yang tidak mengeluarkan izin keramaian.

"Kita ketahui bersama Mabes Polri sudah merilis yang dikeluarkan oleh Kadiv Humas, bahwa sementara menunda mengeluarkan izin keramaian dengan pertimbangan," ucap Iriawan.

PSII dan PT LIB berencana menggulirkan kembali kompetisi Liga 1 dan 2 satu bulan mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News