Kompetisi Olahraga Air Meriahkan Peringatan HUT Ke-74 TNI

Kompetisi Olahraga Air Meriahkan Peringatan HUT Ke-74 TNI
Suasana saat Kompetisi Olahraga Air dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI di di Ancol Beach City, Jakarta Utara, Jumat (11/10). Foto: Dispenal

jpnn.com - Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), TNI Angkatan Laut menggelar Kompetisi Olahraga Air.

Acara tersebut dibuka oleh Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasal Laksamana Muda TNI Anwar Saadi mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di Ancol Beach City, Jakarta Utara, Jumat (11/10).

Event yang mempertandingkan 2 (dua) cabang olahraga yaitu renang dan dayung ini diikuti lebih kurang 800 atlet baik TNI – Polri maupun masyarakat umum. Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 11 hingga 13 Oktober 2019 itu mengusung tema “Dengan Kompetisi Olahraga Air Tingkat Nasional Tahun 2019 Kita Perkuat Kemanunggalan TNI Dengan Rakyat Guna Mendukung Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia”.

Kasal dalam amanat tertulis dibacakan Koorsahli Kasal mengatakan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, identitas sebagai bangsa maritim tidak bisa dilepaskan. Oleh karena itu, melalui olahraga air bisa tercipta sumber daya manusia yang unggul di bidang maritim sehingga akan meningkatkan daya saing dengan negara-negara lain di dunia.

Selanjutnya, Kasal berpesan kepada seluruh atlet, juri, dan semua pihak yang terlibat agar selalu menjaga semangat olahraga. "Jati diri sesungguhnya sekaligus menjadikan kegiatan olahraga air sebagai wahana silaturahmi komunitas bahari serta meningkatkan kemampuan yang andal khususnya dalam hal kemajuan olahraga air maupun kemandirian sebagai bangsa bahari," kata Kasal.

Kompetisi Olahraga Air ini dibuka dengan lomba renang fin swimming Putri TNI-Polri jarak 3.000 meter yang diikuti 8 perenang. Angela Patricia berhasil menjadi yang tercepat tiba di garis finish alias sebagai juara Pertama. Juara Kedua Camelia Widya dari Pussenarmed, dan Ni Luh Putu dari Koarmada II menempati urutan ketiga.

Selain itu, di hari pertama juga mempertandingkan cabang olahraga dayung Perahu Naga dengan urutan tercepat yakni Kolinlamil dengan waktu 2 menit 23 detik, diikuti Brigif 4 Mars BS dengan waktu 2 menit 26 detik, di tempat ketiga Lantamal VII Kupang dengan waktu 2 menit 34 detik dan Kodam V Brawijaya dengan torehan waktu 2 menit 49 detik.

Yang tidak kalah serunya adalah di cabang renang fin swimming Putra TNI-Polri jarak 6.000 meter yang diikuti lebih kurang 105 peserta. Persaingan yang ketat berakhir dengan kemenangan Andrew Paulinus dari Koarmada II sebagai perenang tercepat, diikuti Kartiko Alfredo Hasibuan dari Denma Mabesal dan Sheva Bima Firmansyah dari Pushidrosal.

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI), TNI Angkatan Laut menggelar Kompetisi Olahraga Air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News