Kompolnas Pantau Kasus Briptu Hasbudi ke Polda Kaltara, Nih Hasilnya

Kompolnas Pantau Kasus Briptu Hasbudi ke Polda Kaltara, Nih Hasilnya
Polda Kalimantan Utara (Kaltara) menyita sejumlah alat berat milik Briptu Hasbudi dalam menjalankan pertambangan ilegal di Kecamatan Sekatak, Bulungan, Kaltara. Foto: Humas Polda Kaltara

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) tengah menyambangi Polda Kalimantan Utara (Kaltara) dalam rangka memantau perkembangan proses penyelidikan dan penyidikan kasus gurita bisnis ilegal yang digeluti Briptu Hasbudi.

Diketahui, rombongan komisioner Kompolnas tiba di Polda Kaltara untuk melakukan pemantauan proses penyidikan kasus Briptu Hasbudi sejak Rabu hingga Kamis (19/5/2022).

Hasil pemantauan itu, Kompolnas memastikan kalau saat ini proses hukum terhadap Briptu Hasbudi sudah berjalan sesuai aturan.

Ketua Tim Kunjungan Kerja Kompolnas Albertus Wahyurudhanto mengatakan lembaga yang menaunginya itu memiliki tugas sebagai pengawas di eksternal Polri.

Menurut dia, kehadiran Kompolnas ke Polda Kaltara karena kasus yang menjerat oknum polisi nakal itu merupakan perkara menonjol dab berskala nasional.

"Kami kalau ada kasus-kasus yang menonjol skala nasional, memang datang untuk melakukan pendalaman. Menghindari adanya indikasi hal-hal yang tidak diinginkan," ucap dia dikonfirmasi JPNN.com melalui sambungan telepon, Kamis (19/5/2022).

Albertus menuturkan, bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan pendalaman tambang liar dan sejumlah bisnis ilegal yang digeluti Briptu Hasbudi. Hasil dari pendalaman Kompolnas, ternyata kasus tersebut tidak sesederhana yang diduga.

Sebab, bisnis ilegal digeluti Polisi miliarder itu sudah berjalan lama dan kompleks sehingga ditemukan konteks culture hingga sosiologis ikatan antaranggota kepolisian. Kasus Briptu Hasbudi itu sudah menjadi catatan khusus dari Kompolnas.

Dua hari belakangan, Kompolnas melakukan pendalaman perihal penanganan Polda Kaltara terhadap kasus Briptu Hasbudi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News