JPNN.com

Kompolnas: Sudah Saatnya Polri Tinggalkan Pelayanan yang Ribet

Selasa, 01 Desember 2020 – 14:54 WIB
Kompolnas: Sudah Saatnya Polri Tinggalkan Pelayanan yang Ribet - JPNN.com
Anggota Kompolnas Pudji Hartanto saat memantau langsung pengamanan aksi demo yang dilakukan Polri. Foto: Dok Kompolnas

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu komisioner Kompolnas Irjen (Purn) Pudji Hartanto Iskandar mendukung penuh upaya Korlantas Polri dalam pengelolaan layanan masyarakat di bidang registrasi dan identifikasi (regident), khususnya penerbitan STNK pada Samsat.

Pudji menilai produk pelayanan publik berbasis teknologi dengan melakukan berbagai inovasi harus terus dilakukan. Pasalnya, Indonesia saat ini sudah berada dalam era teknologi industri 4.0.

“Melihat peluang meningkatnya penggunaan internet oleh masyarakat, Polri terlebih khususnya polantas memang seharusnya mulai meninggalkan pelayanan konvensional yang terkenal dengan antre, lama dan berbelit-belit," ujar Pudji, kepada wartawan, Selasa (1/12).

Mantan Dirjen Perhubungan Darat ini menerangkan, keuntungan inovasi berbasis teknologi di era digital bagi Polri adalah efisiensi biaya dan waktu.

"Inovasi yang dilakukan Ditregident Korlantas Polri sebagai sarana mensosialisasikan kinerja dan program unggulan sudah seharusnya terus dikembangkan, agar terus meningkatnya indeks kepuasan masyarakat, sehingga trust society terus terbentuk," ujarnya.

Tak hanya itu, masyarakat juga mendapat keuntungan dari inovasi pelayanan polantas berbasis teknologi. Di antaranya, menghemat biaya dan waktu, tidak perlu datang langsung ke tempat pelayanan, pangkas biaya yang tidak perlu.

"Tidak perlu antre, tidak berbelit-belit, semua prosedur dan dokumen bisa diproses secara online. Selain itu, akses cepat dan tepat, adanya peringkasan prosedur konvensional karena sudah berbasis online. Jadi jangan lagi ada istilah pelayanan berbasis online setengah konvensional,” tandas Pudji. (cuy/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo