Komunike Bersama Diteken, China Kembali Rebut Sahabat Taiwan

Komunike Bersama Diteken, China Kembali Rebut Sahabat Taiwan
Arsip foto - Menteri Luar Negeri China Qin Gang. ANTARA/HO-FMPRC/pri. Foto: ANTARA/FMPRC

jpnn.com, BEIJING - Menteri Luar Negeri China Qin Gang dan Menlu Honduras Eduardo Reina menandatangani komunike bersama dalam pertemuan di Beijing, Minggu.

Komunike bersama pembentukan hubungan diplomatik antara Pemerintah Republik Rakyat China dan Pemerintah Republik Honduras mencakup beberapa hal, di antaranya melindungi kepentingan rakyat di kedua negara dan saling mengakui hubungan diplomatik tersebut pada level kedutaan.

Kedua pemerintah sepakat membangun hubungan persahabatan atas prinsip saling menghormati kedaulatan dan integritas teritorial masing-masing, tidak saling mencampuri urusan dalam negeri, saling menguntungkan, dan hidup berdampingan secara damai.

Pemerintah Republik Honduras mengakui bahwa hanya ada satu China di dunia dan Pemerintah Republik Rakyat China merupakan perwakilan legal tunggal yang mewakili keseluruhan China dan Taiwan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari wilayah teritorial China.

Dalam komunike bersama itu disebutkan bahwa Pemerintah Republik Honduras akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan sejak komunike ditandatangani pada Minggu dan berjanji tidak akan lagi menjalin hubungan atau pertukaran resmi dengan Taiwan.

Pemerintah China menghargai sikap pemerintah Honduras ini, demikian pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri China.

Negara di Amerika Tengah dengan populasi sekitar 9,4 juta jiwa itu telah mengakhiri hubungan diplomatik dengan Taiwan yang terjalin selama puluhan tahun. (ant/dil/jpnn)

Negara di Amerika Tengah dengan populasi sekitar 9,4 juta jiwa itu telah mengakhiri hubungan diplomatik dengan Taiwan yang terjalin selama puluhan tahun


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News