Kondisi Iklim Abnormal Pemicu Kematian Jutaan Ikan Di New South Wales

Kondisi Iklim Abnormal Pemicu Kematian Jutaan Ikan Di New South Wales
Kondisi Iklim Abnormal Pemicu Kematian Jutaan Ikan Di New South Wales

Laporan sementara dari pakar lingkungan menyimpulkan kondisi iklim abnormal di luar kebiasaan menjadi penyebab kematian jutaan ikan di sepanjang tepi sungai utama di Australia timur di New South Wales.

Kawasan muara Darling river di Meningdee, New South Wales masih tetap dalam kondisi kritis dan aliran air di sungai itu masih belum signifikan, sehingga diperkirakan masih akan ada lebih banyak ikan mati di kawasan itu. Demikian kesimpulan dari hasil sementara penyelidikan pakar kepada Pemerintah Federal yang dirilis Kamis (21/2/2019).

Laporan sementara yang penyusunannya dipimpin oleh Profesor Vert Verty dari Universitas Melbourne ini menyimpulkan bahwa "kondisi iklim yang luar biasa, yang tak tertandingi dalam catatan iklim yang diamati" berkontribusi terhadap kematian jutaan ikan di Darling River.

Penyusunan laporan ini diinisasi oleh Pemerintah Australia menyusul temuan jutaan ikan mati massal di dekat Menindee, NSW, pada bulan Desember dan Januari.

Laporan ini melengkapi laporan terpisah lain yang dirilis Akademi Ilmu Pengetahuan Australia, yang diminta oleh partai Buruh, yang menemukan bahwa irigasi memompa terlalu banyak air di hulu, kekeringan, dan debit air yang rendah ke dan dari Danau Menindee telah berkontribusi pada kematian jutaan ikan.

Laporan ini juga menyerukan pemantauan seketika atau 'real time' pengalihan arus air di Barwon-Darling.

Laporan itu menemukan penurunan mendadak suhu udara dan kadar oksigen yang rendah di dalam air sebagai penyebab utama kematian jutaan ikan di kawasan itu.

"Peristiwa cuaca ekstrem baru-baru ini di Cekungan utara telah diperkuat oleh perubahan iklim," demikian temuan laporan itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News