Kondisi Pangandaran Seusai Diguncang Gempa, Wisatawan Mengaku Bingung

Kondisi Pangandaran Seusai Diguncang Gempa, Wisatawan Mengaku Bingung
Suasana Pantai Pangandaran di Jawa Barat, Selasa (3/1/2023). (ANTARA/HO-Wisatawan)

jpnn.com, PANGANDARAN - Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, sempat diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 pada pukul 06.55 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran menyampaikan kondisi daerah itu terutama di kawasan wisata pantai dalam kondisi normal.

Masyarakat maupun wisatawan beraktivitas seperti biasa meski sebelumnya terjadi gempa bumi yang mengguncang wilayah itu.

"Sampai siang ini, tidak ada dampak signifikan, gempa itu, kan, juga tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran Kustiman saat dihubungi wartawan, Selasa.

Dia menuturkan gempa yang sempat mengguncang Kabupaten Pangandaran tidak terlalu besar sehingga tidak membuat banyak warga panik berlebihan.

Selain itu, lanjut dia, tidak berpotensi tsunami, dan tidak dilaporkan ada kerusakan infrastruktur maupun rumah warga, untuk itu masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang tidak jelas sumbernya.

"Kami juga minta masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, pastikan informasi hanya bersumber dari BMKG atau BPBD," katanya.

Ia menyampaikan setelah terjadi gempa, kondisi tempat wisata di Kabupaten Pangandaran dinilai aman untuk dikunjungi wisatawan.

Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, sempat diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,9 pada pukul 06.55 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News