Koneksi Macet Belum Tentu Server SNM PTN Lemot

Koneksi Macet Belum Tentu Server SNM PTN Lemot
Koneksi Macet Belum Tentu Server SNM PTN Lemot

JAKARTA - Panitia seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2014 telah mengevaluasi pelaksanaan masa pendaftaran hari pertama. Hasilnya di tingkat sekolah dan siswa, banyak keluhan gagal koneksi sehingga pendaftaran tidak tuntas. Panitia meminta masyarakat tidak langsung memvonis server panitia lemot.
 
Sekretaris Kelompok Kerja Panitia Nasional SNM PTN 2014 Bambang Hermanto mengatakan, hingga sore kemarin jumlah pelamar tuntas SNM PTN 2014 mencapai 1.154.

Artinya tidak ada pergerakan signifikan antara hari kedua dan pertama pendaftaran SNM PTN 2014. Sebab pada hari pertama pendaftaran pada Senin lalu, jumlah pelamar SNM PTN 2014 sudah menyentuh angka seribu siswa.
 
Terkait dengan keluhan siswa bahwa tidak bisa menuntaskan pendaftaran karena gagal koneksi, Bambang meminta tidak langsung memvonis server panitia SNM PTN lemot.

"Sebab bisa jadi terputusnya itu di sambungan internet pelamar. Jangan langsung menuduh server kami lemah," tandasnya.
 
Bambang menjelaskan inti kesuksesan pendaftaran online SNM PTN 2014 tidak hanya terletak pada server panitia. Tetapi juga terletak pada kualitas sambungan internet yang digunakan saat siswa melakukan pendaftaran. Sambungan internet dengan wifi rawan terputus, sehingga tidak dianjurkan untuk pendaftaran online.
 
Untuk lebih aman, siswa pelamar SNM PTN bisa menggunakan jasa layanan internet di warnet komersial. Alternatif sambungan internet lain yang lumayan stabil adalah, koneksi internet via kabel telepon. Berinternet menggunakan modem juga rawan terputus koneksinya. Sebab sinyal internet yang dipancarkan bisa terpengaruh cuaca dan sebagainya.
 
Bambang menuturkan bahwa jika kendala selama ini di sebabkan server panitia, maka kasus koneksi terputus tidak hanya terjadi di tempat-tempat tertentu saja. "Kami sudah mengecek ke sejumlah daerah, seperti di Denpasar, Mataram, dan Medan tidak ada keluhan," papar dia.
 
Tim IT panitia SNM PTN sudah turun ke lapangan terkait keluhan siswa gagal menuntaskan lamaran karena koneksi internet terputus. Bambang mengatakan ternyata sumber masalahnya bukan di panitia. Tetapi di jaringan atau perangkat yang tersedia di sekolah atau yang digunakan siswa saat mendaftar.
 
Bambang menambahkan, siswa tidak perlu khawatir jika pendaftaran SNM PTN belum tuntas karena koneksi internet mati. Pendaftaran bisa dilanjutkan lagi, asalkan siswa mengisi dengan benar data PIN dan kata kunci (password) masing-masing. (wan)


JAKARTA - Panitia seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2014 telah mengevaluasi pelaksanaan masa pendaftaran hari pertama. Hasilnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News